10 Plugins Ini Gratis, Silahkan Pakai di Website Wordpress Anda

Agoaga.com – Plugins adalah sesuatu script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu pada website Wordpress. Fungsi tambahan dari Plugin inilah yang membuat website dengan Wordpress menjadi powerful.

Sebagai pengguna Wordpress dalam membangun sebuah website, plugin merupakan komponen pendukung untuk membuat website Wordpress menjadi powerful.

Untuk mengetahui suatu plugin itu bagus atau tidak, yaitu dengan cara melihat berapa banyak plugin tersebut digunakan atau diintal para pengguna. Tapi nanti dulu, cara seperti itu tidak selalu menjadi ukuran baku karena menurut saya bagus atau tidaknya plugins itu ditentukan berdasarkan kegunaannya bagi website itu sendiri.

Ada 10 plugin yang menurut saya cukup bagus karena memiliki fitur sangat menarik dan memiliki keunikan tersendiri. Apa saja plugin tersebut? Ikuti penjelasannya.

1. Autoptimize

Menggunakan plugin Autoptimize, mengoptimasi halaman website menjadi lebih cepat. Fitur utamanya antara lain; fitur minifies, compress, fitur cache untuk Javascript (JS), HTML, dan CSS code. Selain itu, plugin ini juga dilengkapi dengan API yang powerfull sehingga memungkinkan penggunanya melakukan customize sesuai keinginan.

Fitur utama:

Download Plugin Autoptimize

2. Social Media

Pengguna dapat memasang tombol Share media sosial di semua laman website WordPress. Plugin ini menyediakan opsi style khusus pada ikon media sosial.

Fitur utama:

Download Plugin Social Media

3. Popup Maker

Plugin ini membuat tampilan notifikasi, proses loading, video lightboxes dan banyak lagi. Serta fiturnya dapat disesuaikan melalui opsi lanjutan.

Fitur utama:

Download Plugin Popup Maker

4. Form Maker

Pada plugin ini pengguna dimungkinkan membuat formulir sendiri pada blog WordPress yang lebih kompleks sesuai dengan kebutuhan. Plugin ini termasuk baru untuk fitur yang sama seperti pada plugin pendahulunya. Fitur didalamnya cukup mengesankan terutama pada versi premium.

Fitur utama:

Download Plugin Form Maker

5. Elementor Page Builder

Plugin yang satu ini menawarkan proses mendesain laman website menjadi lebih sederhana baik bagi pemula maupun developer WordPress pada tingkat lanjutan. Plugin juga berlaku ke semua jenis theme WordPress.

Fitur utama:

Download Plugin Elementor Page Builder

6. Easy Digital Downloads

Fungsi plugin ini sama seperti opsi WooCommerce dan sepenuhnya fokus pada produk digital.

Fitur utama:

Download Plugin Easy Digital Downloads

7. Activity Log

Plugin Activity Log berfungsi sebagai penyimpan histori setiap kegiatan yang dilakukan pada website WordPress. Kemudian, plugin ini juga dapat melacak update terbaru, komentar terbaru, upayan login, penjualan WooCommerce.

Fitur utama:

Download Plugin Activity Log

8. Call Now Button

Plugin berfungsi menampilkan tombol panggilan di website, yang memungkinkan pengunjung menghubungi Anda langsung melalui ponsel. Tombol ini muncul jika website diakses melalui ponsel.

Fitur utama:

Download Plugin Call Now Button

9. WP-Members

WP-Members dimungkinkan melakukan penyembunyian konten situs dari pengguna internet yang bukan member situs tersebut. Selain itu, dapat menentukan sendiri penguna mana saja yang bisa mendaftar sebagai member.

Plugin ini sangat praktis digunakan pada website yang menawarkan konten premium kepada member berbayar. Dapat juga menarik visitor baru untuk mengakses website secara ekslusif.

Fitur utama:

Download Plugin WP-Members

10. Recent Posts Widget With Thumbnails

Mungkin plugin ini kurang diminati, karena theme website terbaru susah memiliki tampilan thumbnail yang cukup menarik.

Plugin ini berfungsi untuk menampilkan konten terbaru pada sebuah website dengan thumbnail dan judul artikel.

Fitur utama:

Download Plugin Recent Posts Widget With Thumbnails

Exit mobile version