3 Cara Mudah Mengecilkan PDF File di Mac

Dari laporan akademis, profesional hingga materi kit media pasar, atau resume pribadi, file PDF ada di mana-mana. Mengapa? Sebagian besar karena mempertahankan pemformatan dokumen, konten dengan sempurna di semua perangkat, layar, atau sistem. Dan kita dapat dengan mudah membuat file digital yang menarik, dan receiver hanya membutuhkan pembaca PDF gratis untuk melihat konten aslinya. Tapi mari kita hadapi itu, jika Anda menyediakan materi pemasaran di situs web yang berukuran 50MB atau lebih besar, tidak ada yang mau mengunduhnya. File PDF dapat membengkak jika ada terlalu banyak gambar berkualitas tinggi di dalam konten.

Muncul pertanyaan, apakah ada cara untuk mengecilkan ukuran file PDF, sehingga kita bisa mengecilkan PDF tanpa merusak kualitas aslinya?

Dalam panduan cara kali ini, akan ditunjukkan cara memperkecil ukuran PDF di Mac, menggunakan Pratinjau, layanan online, dan aplikasi pihak ketiga. Namun harap perhatikan bahwa jika file PDF hanya berbasis teks, dan tidak mengandung elemen gambar apa pun, tidak ada cara untuk mengecilkan pdf.

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF di Mac

Metode 1: Kecilkan File PDF dengan mengunggah ke kompresor PDF online

Kompresor pdf online terbaik untuk mengecilkan pdf file dimiliki oleh theonlineconverter.com yang memungkinkan Anda untuk mengompres file pdf secara gratis tanpa mengeluarkan satu sen pun. Cukup buka theonlineconverter.com pilih ‘Kompres PDF‘. Cukup drag dan drop file PDF ke area file, klik tombol “Kompres” untuk memulai proses, tunggu beberapa detik untuk mengunggah (tergantung pada ukuran file PDF), dimungkinkan juga untuk menambahkan file PDF dari Dropbox atau Google Drive. Setelah mengunggahnya, itu akan mulai mengompresi file PDF secara instan. Jika file output tidak cukup kecil, masih dapat mengubah opsi kompresi lainnya.

Tunggu beberapa saat, dan kemudian Anda dapat mengunduh file PDF yang dikompresi secara langsung.

Kelebihan: Ini adalah aplikasi kompresor PDF online gratis yang mudah digunakan, tidak memerlukan email atau informasi Anda. Ini lintas platform, tidak peduli jika itu menggunakan Windows, Mac, Linux atau perangkat apa pun, hanya dapat bekerja mengompresi file PDF jika terhubung ke Internet. Selain mengompresi PDF, ia juga menawarkan alat PDF lainnya secara gratis.

Kekurangan: Anda perlu mengunggah file secara online, yang memerlukan koneksi Internet, kecepatan unggah tergantung pada ukuran file.

Metode 2: Kecilkan File PDF dengan Compress PDF for Mac

Compress PDF for Mac adalah aplikasi ringan yang dikembangkan oleh Lighten Software. Ini memungkinkan memutuskan opsi kompresi. Anda dapat mengompres gambar ke kualitas rendah (50 dpi) jika mau, atau mengecilkan pdf tanpa mengurangi banyak kualitas gambar (600 dpi, kualitas tinggi). Jadi akan selalu menemukan keseimbangan antara kualitas gambar dan pengurangan ukuran file.

Cukup drag dan drop file PDF ke area file, file tersebut akan mencoba untuk mengecilkan pdf ukuran file secara instan dengan opsi default. Anda dapat melihat ukuran file dan melihat file setelah kompresi. Jika tidak puas dengan pengurangan pdf, dapat memilih kualitas yang lebih rendah dan dpi yang lebih kecil. Jika tidak puas dengan kualitas gambar, dapat memilih kualitas yang lebih tinggi dan pengaturan dpi yang lebih tinggi.

Kelebihan: Aplikasi offline cepat, mudah digunakan. Dapat langsung mengontrol pengaturan kompresi sesuka Anda, kemudian dapat membuat keseimbangan kompresi dan kualitas optimal sendiri.

Kekurangan: Tidak gratis, biayanya $3,99.

Metode 3: Menggunakan Preview Mengecilkan Ukuran PDF

Preview adalah aplikasi bawaan di OS X, yang dapat menangani sebagian besar kebutuhan dasar PDF Anda, termasuk mengurangi ukuran file PDF. Ini terutama menggunakan ‘Quartz Filter‘ untuk mengompres PDF.

Cukup buka file PDF dengan Preview, klik ‘File‘ -> ‘Export‘ di bilah menu. Di jendela pop-up, pilih ‘Reduce File Size‘ dalam pengaturan Quartz Filter, yang berada di bawah pengaturan Format.

Kelebihan: Menggunakan Preview bawaan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membuat PDF lebih kecil. Ini adalah Aplikasi bawaan, andal, gratis, dan cepat.

Kekurangan: Preview menggunakan filter preset untuk mengecilkan pdf ukuran file di mac, yang mengecilkan pdf ukuran file terutama dengan mengurangi kualitas gambar dan dpi. Jadi Anda tidak tahu bagaimana kualitas gambar turun, terkadang file PDF menjadi buram setelah dikompresi. Khusus untuk kertas yang dipindai dengan ukuran font kecil.

Seperti itulah panduan caranya, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda bagaimana mengecilkan file PDF di Mac. Jika di artikel panduan cara ini terdapat kekeliruan, silahkan kirim komentar perbaikan Anda ke email yang ada di laman Contact.

Exit mobile version