7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mata Rusak

Mata sebagai organ penglihatan, sangat penting untuk dijaga. Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan kecil yang mungkin sering kita lakukan dapat menyebabkan mata rusak; mulai dari rasa sakit, tidak nyaman, hingga yang terburuk kehilangan penglihatan.

Untuk menjaga mata, maka penting untuk mewaspadai sejumlah kebiasaan yang dapat membuat mata rusak.

7 Kebiasaan ini Bisa Bikin Mata Rusak

  1. Menatap layar terlalu lama

Memaksa mata untuk membaca teks kecil di ponsel mungkin menjadi penyebab mata sakit hari demi hari, terutama jika melakukannya selama berjam-jam. Itu juga bisa menyebabkan penglihatan kabur, mata kering, pusing, dan mual.

Seperti dikutip dari GoodHouseKeeping, letakkan ponsel setiap 20 menit untuk mengistirahatkan mata. Lebih baik lagi, buat font di ponsel lebih besar sehingga mata tidak bekerja keras dari waktu ke waktu untuk membaca teks kecil itu.

Selain itu, melihat semua jenis layar tepat sebelum tidur dalam kegelapan, termasuk ponsel, e-reader, televisi, dan komputer, tidak baik untuk mata.

Tingkat cahaya berubah dengan cepat, sehingga mata harus bekerja keras untuk memproses perubahan, yang dapat menyebabkan kelelahan mata, nyeri, sakit kepala, mata kering, dan kemerahan. Lebih buruk lagi? Ini juga bisa mengacaukan jadwal tidur.

  1. Tidur memakai lensa kontak

Terkadang, saat sudah larut dan lelah, mungkin malas melepas lensa kontak. Namun, patut diingat bahwa itu bukan alasan untuk kemudian tidur saat masih menggunakannya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), hampir satu juta orang Amerika mengunjungi dokter mata setiap tahun karena infeksi yang berhubungan dengan memakai lensa kontak.

Saat mengeluarkannya di malam hari, pastikan tangan bersih dan menggunakan larutan lensa kontak ekstra.

  1. Menggosok mata

Meskipun menggoda, itu adalah larangan besar. Menggosoknya terlalu keras dapat merusak pembuluh darah di bawah kelopak mata.

Jadi untuk menenangkan mata yang teriritasi, cobalah kompres dingin sebagai gantinya.

  1. Penggunaan obat tetes mata

Meski obat tetes untuk sementara meringankan mata kering, tapi menggunakannya terlalu sering sebenarnya bisa mengiritasi mata seiring waktu.

American Academy of Ophthalmology (AAO) memperingatkan bahwa obat tetes mata tanpa resep tidak benar-benar meningkatkan kesehatan mata, mereka hanya membuat mata tampak kurang merah.

AAO kemudian merekomendasikan penggunaan obat tetes mata hanya untuk waktu yang singkat.

Jika menggunakan obat tetes mata resep, pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter, dan segera hentikan penggunaannya jika menyebabkan iritasi, ruam mata, atau efek samping negatif lainnya.

  1. Konsumsi makanan tak seimbang

Diet dan nutrisi penting. Faktanya, beberapa buah dan sayuran sangat penting untuk kesehatan mata yang optimal, terutama yang mengandung vitamin C dan E, seng, dan asam lemak omega-3.

AAO menyarankan untuk menambahkan buah jeruk, minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan ikan ke dalam makanan sebanyak mungkin.

Juga, pastikan untuk melewatkan makanan tinggi natrium, yang dapat membuat tubuh dehidrasi.

  1. Kurang minum air

Selain nutrisi, yang tak kalah penting adalah asupan air. Tetap terhidrasi adalah kunci untuk produksi air mata dan menjaga mata tetap terlumasi dengan baik.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk penambahan berat badan, depresi, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, kurang tidur juga mengganggu mata (beberapa gejala termasuk kedutan, mata kering, penglihatan kabur, dan nyeri).

Pastikan untuk mendapatkan minimal tujuh jam semalam dan ingat, letakkan smartphone sebelum tidur.

Referensi:

  
Back to top button