8 Fitur WhatsApp yang Mungkin Belum Diketahui

WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platform yang bagi sebagian besar kalangan digunakan untuk berkomunikasi tanpa biaya pulsa, karena hanya menggunakan koneksi internet. Banyak kemudahan yang disajikan oleh aplikasi ini.

Aplikasi ini selalu berbenah diri dengan menambahkan fitur untuk kemudahan bagi penggunanya. Mungkin ada beberapa fitur yang sangat jarang dipakai pengguna.

Berikut delapan fitur Whatsapp yang mungkin tak banyak diketahui;

1. Membuat File GIF dengan Kamera

GIF bawaan WhatsApp memungkinkan pengguna mengirim video yang direkam kamera dalam aplikasi WhatsApp kepada orang lain.

Untuk menggunakan fitur ini, saat merekam video lalu pilih ikon GIF di sudut kanan atas. Durasi klip untuk GIF juga bisa diatur.

2. Status WhatsApp sebagai Facebook Story

Dalam hal ini, pengguna dimungkinkan menjadikan status WhatsApp sebagai Facebook Story.

Pilih Status di Whatsapp dan buat “Pembaruan status”, Status saya -> kemudian ketuk Bagikan ke Facebook Story.

Ketuk Izinkan atau Buka untuk membuka aplikasi Facebook. Di aplikasi Facebook, pilih audiens yang ingin dibagikan, lalu ketuk Bagikan Sekarang.

3. Memformat Pesan Whatsapp

WhatsApp juga memungkinkan pengguna memformat teks, seperti menebalkan teks, meletakkan coretan atau memiringkan. Untuk menempatkan coretan pada teks, masukkan simbol tilde (tanda gelombang) di awal dan akhir teks.

Untuk membuat teks tebal, letakkan tanda bintang di awal dan akhir teks, dan untuk memiringkan teks masukkan garis bawah.

4. Kirim Gambar Resolusi Utuh

Banyak pengguna mengeluhkan resolusi gambar menurun setelah foto dikirim lewat Whatsapp. Sebenarnya ada cara sederhana agar resolusi gambar tetap utuh. Untuk mengakali agar resolusi gambar tidak menurun, cukup mengirim foto sebagai bentuk lampiran dokumen. Sederhana bukan?

5. Group Video Call

Jika dulu Whatsapp hanya memungkinkan untuk melakukan satu panggilan video, maka sekarang tidak. Kini Whatsapp sudah memiliki fitur yang bisa membuat pengguna melakukan panggilan video grup

Namun, hingga saat ini panggilan grup video di Whatsapp masih dibatasi. Pengguna hanya dapat melakukan panggilan video dengan empat orang sekaligus, termasuk diri sendiri.

6. Menandai Pesan

Anda sering lupa membalas pesan? Jika iya, manfaatkan fitur “tandai obrolan yang belum dibaca” dalam aplikasi Whatsapp.

Fitur Whatsapp ini memungkinkan pengguna untuk mengingat bahwa ada pesan masuk yang sudah dibaca, namun belum sempat dibalas. Cara memanfaatkan fitur cukup mudah.

Tekan lama pesan masuk yang belum dibalas > Klik tanda titik tiga di sisi kiri atas > Pilih mark as unread atau tandai belum dibaca.

7. Pesan Ditandai

Untuk memudahkanmu menemukan pesan penting dalam Whatsapp, pengguna dapat memanfaatkan fitur Pesan Berbintang atau Starred Messages. Fitur WhatsApp ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan beberapa pesan penting yang mungkin akan dibaca lagi atau sekadar ingin disimpan.

Untuk mengecek, buka gambar titik tiga di sisi kiri atas aplikasi lalu buka Starred Messages atau Pesan Berbintang.

8. Live Location

Manfaatkan fitur Live Location dari Whatsapp untuk mengetahui posisi orang yang Anda tandai. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengetahui lokasi tepat lawan bicara. Bahkan jika dia berpindah lokasi, fitur ini juga akan berjalan mengikuti.

Buka laman percakapan dengan teman yang ingin dikirim Live Location > klik tanda attach > Pilih location > klik Share Live Location. (**)

Selamat mencoba…

Tags

Recommended