Beberapa Cara Membuka PowerShell pada Windows 10

Windows PowerShell yang sebelumnya dinamai Microsoft Shell atau MSH (dengan nama-kode Monad) adalah sebuah command line interface atau CLI (antarmuka baris-perintah) dan bahasa scripting yang sedang dikembangkan oleh Microsoft.

Antarmuka ini mirip dengan UNIX shell, tetapi produk ini dibangun atas dasar pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming/OOP) dan kerangka Microsoft .NET, dan cakupan yang sangat luas.

Sama halnya dengan Command Prompt, PowerShell juga merupakan aplikasi dengan resource tinggi untuk melakukan eksekusi file-file sistem yang bukan diperuntukkan bagi pengguna (user) biasa.

Khusus PowerShell, kali ini panduan cara mencoba memberitahu beberapa cara membuka aplikasi itu.

Cara Membuka PowerShell pada Windows 10

1. Melalui Run Windows

Untuk membuka, tekan tombol Win+R. Ketikan powershell.

2. Start Menu > All apps

Buka Start Menu lalu ke All apps, kemudian scroll ke bawah hingga menemukan folder Windows PowerShell. Buka folder itu dan klik ‘Windows PowerShell‘.

3. File Explorer

Berikutnya melalui window File Explorer. Lalu arahkan ke path C:\Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0, dan temukan file untuk aplikasi powershell.

4. Search & Cortana

Melalui Search & Cortana. Dengan cara menggunakan Cortana untuk Voice Command, atau dengan mengetikan PowerShell pada kolom search lalu pilih Run as Administrator.

Referensi

  
Back to top button