Begini Cara Pegang Sumpit ala Orang Jepang

Bagi setiap orang mungkin berbeda cara memegang sumpit, apabila dianggap nyaman dengan caranya sendiri, maka itulah cara memegang sumpit yang mungkin pas dan benar bagi mereka.

Di Jepang ada tata cara memegang sumpit ketika digunakan untuk makan. Simak tata cara memegang sumpit yang baik dan benar ala orang Jepang.

Cara pegang sumpit

Letak sumpit di antara jempol, telunjuk, dan jari tengah. Letakkan salah satu sumpit di pangkal jempol dengan bertumpu pada jari manis.

Berikut ini langkah sederhana memegang sumpit:

  1. Taruh satu sumpit di antara jari telunjuk dan jempol, seimbangkan di jari manis.
  2. Letakkan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan jempol, taruh di jari tengah.
  3. Pegang sumpit kedua dengan kuat menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah.
  4. Fungsi telunjuk dan jari tengah untuk menggerakkan sumpit. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah mengambil makanan.

Coba pegang sumpit pertama layaknya seperti memegang pensil. Taruh di atas jari tengah. Kemudian selipkan sumpit kedua di sela-sela jempol dengan jari telunjuk. Letakkan di atas jari manis. Setelah berhasil memegang sumpit, saatnya menggunakannya untuk makan. Bagian sumpit yang bergerak adalah atas saja, sedangkan bagian atas biasanya tetap di jari.

Kesalahan memegang sumpit

Kesalahan yang terjadi ketika memegang sumpit yaitu menggenggam sumpit, ada juga terjadi memegang sumpit sampai bentuknya seperti huruf ‘x’. Maka dapat dipastikan, kedua cara tersebut membuat susah mengambil makanan.

Etika menggunakan sumpit di Jepang antara lain, jangan menusuk makanan menggunakan sumpit, jangan menarik mangkuk makanan ke arahmu menggunakan sumpit. Kemudian juga tidak boleh meletakkan kedua sumpit di atas mangkuk. Dan jangan juga memberikan makanan ke sumpit orang lain dan menjilat sumpit.

  
Back to top button