Begini Cara Pengobatan Alami Gusi Bengkak

Gangguan kesehatan terjadinya pembengkakan gusi cukup mengganggu, ya!! Dan untuk mengatasinya ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengobati gusi bengkak secara alami. Apa saja caranya, simak berikut ini;

Cara Alami Mengatasi Pembengkakan Gusi

1. Kumur dengan Air Asin

Cara pertama adalah berkumur dengan air campuran garam atau air asin. Ambil segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam lalu aduk hingga rata. Kumur campuran tersebut di dalam mulut, lalu buang. Kandungan garam mampu mencegah serta mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab pembengkakan.

2. Ramuan Herbal

Ramuan herbal dan rempah-rempah dapat digunakan untuk pengobatan gusi bengkak secara alami. Ini cukup efektif untuk mengatasi peradangan dan nyeri pada gusi. Cara menggunakannya; mencampurkan bubuk ramuan pilihan dengan sedikit air hangat hingga tercampur rata. Oleskan hasil campuran langsung ke gusi hingga sakit mereda, lalu bilas dengan air. Ulangi hingga merasa lebih baik.

3. Teh Celup

Satu kantong teh segar dan rendam dalam air mendidih hingga 5 menit, seperti membuat teh. Saat kantong teh tersebut cukup dingin, oleskan ke gusi yang bengkak kurang lebih selama 5 menit. Pilihlah teh dengan kandungan zat tanin yang tinggi, seperti teh hitam dan teh hijau.

Pilihan lain, ialah teh yang mengandung ramuan anti-inflamasi, seperti jahe dan chamomile. Ramuan anti-inflamasi untuk meredakan gusi yang membengkak. Kandungan tanin pada teh dapat menyerap penyebab iritasi pada gusi.

4. Berkumur dengan Air Lemon

Cara alami lainnya dengan menggunakan lemon. Kandungan asamnya sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya mudah, peraslah satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Lakukan 3 kali sehari.

Mencegah Pembengkakan pada Gusi

Untuk mencegah terjadinya pembengkakan atau kambuh pada gusi, lakukan beberapa hal ini:

  • Sikat gigi dua kali sehari dan gunakan benang gigi secara teratur. Umumnya, gusi yang bengkak disebabkan oleh peradangan, sehingga kebersihan mulut cara paling baik untuk mencegahnya.
  • Gunakan pasta gigi serta obat kumur yang tidak menyebabkan iritasi pada gusi.
  • Hindari tembakau dan minuman beralkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada gusi.
  • Mengonsumsi buah dan sayuran setiap usai makan untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi seimbang.

Itulah dia beberapa cara yang efektif untuk mengatasi gusi bengkak secara alami. Segeralah lakukan pengobatan jika terjadi pembengkakan agar tidak terjadi komplikasi. Dan apabila pembengkakan gusi berlanjut, periksakan diri ke ahli medis guna menghindari terjadinya gingivitis.

Referensi:

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker