Biaya Pernikahan Pangeran Harry Capai Jutaan Poundsterling

Royal Wedding 2018

Agoaga.com – Sabtu, 19 Mei 2018, Pangeran Harry akan menikahi Meghan Markle. Putra kedua pasangan Pangeran Charles dan Putri Diana itu telah menjalin hubungan dengan aktris Amerika sejak bulan Juni 2016.

Hubungan mereka pertama kali diakui pada 8 November 2016 melalui sebuah pernyataan resmi dari sekertaris komunikasi keluarga kerajaan Inggris.

Sebelum itu, Meghan Markle telah menerima berbagai umpatan dan bulliying dari berbagai pihak karena memiliki hubungan yang spesial dengan pangeran kerajaan.

Meghan Markle akan menjadi orang Amerika kedua dan orang pertama keturunan ras campuran yang menikah dengan keluarga kerajaan Inggris.

Hari bahagia tersebut akan berlangsung di St George’s Chapel , Windsor. Tempat ini sebelumnya adalah situs bagi pernikahan paman Pangeran Harry, Earl of Wessex dan sepupunya Peter Phillips. Pernikahan Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall, ibu tiri Harry juga berlangsung di sini.

Kepada CNBC, seorang perencana pernikahan di Inggris, Aimee Dunne, memperkirakan biaya pernikahan Harry-Meghan akan mencapai hampir 2 juta poundsterling atau Rp 38 miliar.

Keluarga kerajaan telah mengumumkan bahwa mereka yang akan membayarkan biaya royal wedding itu. Secara terperinci pihak kerajaan juga memberikan detail biaya yang dikeluarkan.

Berikut rincian biaya pernikahan Pangeran Harry-Meghan, seperti dilansir dari CNBC.

Makanan dan Minuman: Rp 9,5 miliar

Sebanyak 600 tamu yang akan menghadiri jamuan makan siang dan makan malam pada acara resepsi, ditambah 2.640 tamu dari warga biasa yang akan menimati teh dan kudapan di Istana Windsor. Dunne memperkirakan, makanan dan minuman akan menghabiskan seperempat total biaya pernikahan. “Akan ada banyak sampanye dan whiskey, saya yakin itu,” katanya.

Pangeran Harry dan Meghan Markle (hellomagazine.com)

Rumah Kaca: Rp 5,6 miliar

Pangeran dan calon duchess kerajaan Inggris tidak perlu membayar sewa Kapel St George atau aulanya. Namun, keduanya diperkirakan bakal mendirikan rumah kaca besar untuk resepsi. Biaya konstruksi dan pengirimannya mecapai Rp 5,6 miliar.

Gaun: Rp 3,7 miliar

Meghan bakal mengenakan gaun pernikahan dari Ralph & Russo, rumah mode perancang terkenal di London yang juga pernah melayani klien dari kalangan selebriti seperti Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie, dan Beyonce. Meghan diprediksi akan mengganti gaunnya pada resepsi malam hari.

Bunga: Rp 1,8 miliar

Anggaran untuk bunga sering jauh lebih mahal dari yang diharapkan. Rumah kaca untuk venue pernikahan juga membutuhkan anggaran bunga yang lebih tinggi.

Ruang kosong yang sangat besar bakal bergantung pada bunga dan dekorasi untuk mempercantik suasana.

Lain-lain

Sisa dari bujet akan digunakan untuk keperluan lain, termasuk hiburan.

Istana Kensington mengumumkan, musik akan melibatkan peran James Vivian yang merupakan direktur muik dari Kapel St George di Istanan Windsor, termasuk paduan suara, dan grup atau musisi tunggal. Terakhir, biaya keamanan: Rp 571 miliar Situs Bridebook memperkirakan biaya keamanan akan mencakup penempatan ribuan petugas polisi tambahan, penembak jitu di atas atap, dan sistem penangkal pesawat tanpa awak.

Sebagian besar biaya keamanan bakal ditanggung oleh pembayar pajak di Inggris. Itulah mengapa muncul petisi agar pemerintah membuka berapa banyak uang pajak yang digelontorkan untuk biaya keamanan pernikahan Pangeran Harry-Meghan. “Pembayar pajak tidak seharusnya membiaya pernikahan pribadi, tidak peduli siapa yang menikah,” tulis petisi tersebut.

Momen bahagia ini diprediksi meraup pendapatan sekitar 500 juta euro berkat banyaknya kunjungan wisatawan yang juga ingin melihat royal wedding dari dekat.

Sumber: Kompas.com

  
Back to top button