Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Share Lokasi di Android

Mengungkapkan lokasi Anda kepada orang lain bisa jadi disalahgunakan atau juga bisa berguna. Jika Anda ingin memastikan keberadaan posisi saudara, pacar, atau teman dan juga, Anda tidak ingin menelepon mereka saat mengemudi, dengan mengaktifkan pelacak lokasi sangatlah membantu.

Di artikel ini, akan dibahas cara menyetel pelacakan lokasi di ponsel Android.

Aktifkan Berbagi Lokasi

  • Buka Google Maps
  • Ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas. Buka “Berbagi lokasi” dan ketuk “bagikan baru”
  • Kemudian, tentukan ke siapa akan membagikan lokasi Anda dan berapa lama membagikannya. Pilihan awal adalah “Selama satu jam”, tetapi waktu dapat disesuaikan dengan mengetuk tombol plus/minus (+/-). Jika tak ingin akses orang yang dimaksud tak terbatas ke lokasi Anda, pilih “Sampai Anda mematikannya”.

Baca juga: Cara Order Ojek Online via Google Maps

  • Selanjutnya akan disajikan ikon untuk kontak favorit dan / atau yang paling sering Anda gunakan. Jika orang yang dimaksud tidak ada, geser ke kiri dan ketuk pada tiga titik berlabel “Lainnya” untuk mengakses semua kontak Anda. Setelah dipilih, ketuk “Bagikan”.
  • Orang yang Anda bagikan sekarang akan tercantum di bagian bawah layar “Berbagi lokasi”. Mereka akan diberi tahu bahwa sekarang mereka memiliki akses ke lokasi Anda.

Berhenti berbagai (Share) Lokasi (ShareLoc)

Untuk berhenti berbagi lokasi Anda, buka halaman “Berbagi lokasi”, ketuk nama orang, dan ketuk tombol “Berhenti”. Di laman ini, Anda juga dapat meminta orang yang Anda bagikan lokasi Anda untuk membagikan lokasinya dengan Anda secara bergantian.

Baca juga: Cara Mendapatkan Fitur Terbaik Google di iPhone

Setelah Anda berhenti berbagi lokasi, nama orang yang dimaksud tetap ada di sana, namun akan ada pemberitahuan bahwa Anda tidak berbagi lokasi dengan mereka.

Ini untuk berjaga-jaga jika Anda ingin berbagi lagi; Anda tidak perlu melalui seluruh proses lagi, cukup ketuk nama mereka dan pilih tombol biru “Bagikan lokasi dengan <nama orang>”. Jika Anda merasa tidak ingin berbagi lagi dengan mereka, dan ingin menghapus nama mereka, ketuk tiga titik di sudut kanan atas daftar, dan pilih “Hapus dari daftar”.

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker