Cara Aktifkan Fitur Efek Blur pada Background Start Menu Windows 10

Di Windows 8, Start Menu tidak disediakan seperti pada versi-versi Windows terdahulu. Ini merupakan salahsatu yang dikeluhkan para penggunanya. Pada Windows 10, Microsoft telah menambahkan kembali Start Menu tersebut dengan melakukan sedikit modifikasi. Fungsi Start Menu Windows 7 dan juga fungsi Start Screen Windows 8 pun diadopsi, menggabungkan daftar aplikasi desktop dan modern apps di satu tempat. Selain itu ada beberapa pengaturan yang tidak tersedia di panel Settings baru. Beberapa perubahan kecil akan terjadi dengan mengedit Registry.

Background Start Menu Windows 10 defaultnya adalah transparant. Tapi dengan sedikit tweak registry akan merubah tampilan Start Menu Windows 10 dengan efek blur pada bagian background.

Cara Aktifkan Efek Blur pada Background Start Menu Windows 10

Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win+R dan ketikkan regedit.

Kemudian kamu buka keys dengan path atau alamat seperti di bawah ini:

\HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Themes\Personalize

registry enable blur behind

Pada bagian kanan window, ada key bernama EnableBlurBehind. Kemudian klik kanan dan klik Modify. Ubah value dari 0 menjadi 1 dan klik OK. Jika tidak ada, kamu bisa klik kanan dan pilih New > DWORD 32-bit.

Setelah itu restart komputer, maka kamu akan melihat efek background blur pada Start Menu Windows 10.

Jika kamu ingin mengaktifkan lagi transparan background di Start Menu, kamu hanya perlu mengubah value menjadi 0 dari EnableBlurBehind.

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker