Cara Cegah Overheat pada Laptop

Jika overheat (panas berlebihan) sering terjadi pada suatu laptop, hanya akan mempercepat kerusakan perangkat atau komponen didalamnya. Serta juga akan membuat rapuh kaki-kaki atau dudukan yang terbuat plastik yang ada di laptop.

Overheat yang terjadi pada laptop bisa disebabkan beberapa hal;

  • Tertutupnya sirkulasi udara
  • Laptop digunakan di atas kasur
  • Banyaknya Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan
  • Laptop terhubung ke banyak perangkat melalui USB
  • Kipas laptop kotor atau rusak
  • Software yang di install tak sesuai spesifikasi laptop.

Cara berikut ini mungkin bisa bermanfaat agar laptop terhindari dari panas yang berlebih (overheat).

1. Supaya menggunakan laptop ditempat datar dan cukup longgar dari benda atau objek lain yang dapat menghalangi sirkulasi udara di laptop.

2. Menggunakan laptop di atas kasur ataupun dipangku diatas kaki hanya menyumbat lubang sirkulasi udara, dan juga laptop jadi tidak stabil karena terlalu banyak goncangan.

3. Program atau aplikasi yang berat antara lain; Adobe Photoshop, Adobe Premiere, CorelDraw, Sony Vegas, Adobe Ilustrator, dan lain-lain. Apabila semua aplikasi itu terinstall di laptop, gunakanlah dengan bijak.

Jika mengerjakan suatu proyek yang berkaitan desain grafis dan edit video, jangan langsung jajarkan di taskbar aplikasi yang akan digunakan. Kerjakan dan selesaikanlah satu persatu. Maksudnya disini, jika terlebihdahulu ingin desain logo, edit foto jalankanlah hanya aplikasi diperlukan, seperti Adobe Photoshop atau CorelDraw.

4. Hindari banyaknya perangkat yang terhubung laptop melalui USB, karena ini juga penyebab overheat.

5. Selalu melakukan perawatan dengan membersihkan kipas laptop atau mengganti kipas yang rusak dan membersihkan sirkulasi laptop.

6. Sesuaikan spesifikasi software terhadap spesifikasi laptop, karena ini juga salah satu penyebab laptop overheat. Janganlah menggunakan software yang tidak direkomendasikan baik dari sisi laptop dan juga software.

Demikian panduan cara cegah overheat laptop. Semoga bermanfaat.

  
Back to top button