Cara Download Musik dari YouTube

Melakukan download atau unduh di YouTube sebagian besar dibatasi, sebab adanya penerapan hak cipta yang melekat di musik atau audio itu sendiri.

Panduan cara kali ini, bagaimana cara mengunduh atau men-download musik dari YouTube.

Aplikasi 4K Video Downloader

1. Unduh dan pasang file aplikasi 4K Video Downloader dengan mengunjungi https://www.4kdownload.com/products/product-videodownloader. Dilaman browser tampil 4K Video Downloader klik “Get 4K Video Downloader”. Selesai di unduh langkah selanjutnya sebagai berikut;

  • Windows: Klik dua kali pada file aplikasi yang telah diunduh, dan ikuti petunjuk pemasangannya
  • Mac: Klik dua kali file yang diunduh, verifikasi pemasangan jika dibutuhkan, seret ikon 4K Video Downloader ke folder “Applications”, dan ikuti perintah pemasangan di layar.

2. Berikutnya carilah video ingin diunduh di YouTube, salin URL video.

3. Buka aplikasi 4K Video Downloader. Klik tombol “Start” Windows atau ikon Spotlight pada komputer Mac. Klik (atau klik dua kali) opsi “4K Video Downloader” pada hasil pencarian dan muncul layar berikutnya.

ARTIKEL TERKAIT

4. Kemudian pilih paste link yang berada disisi kiri atas jendela aplikasi. Tunggu hingga video berhasil diekstrak. Muncul beberapa opsi kualitas pada jendela 4K Video Downloader, silakan beralih ke langkah berikutnya.

5. Tunggu hingga video berhasil diekstrak. Saat muncul opsi kualitas, silakan beralih ke langkah berikutnya yakni pilih menu drop-down “Download Video” lalu klik Extract Audio yang berada di sisi kiri atas.

6. Ganti jenis file audio (opsional). Jenis file yang sering digunakan adalah MP3. Untuk melihat format lainnya klik menu drop-down “Format”.

7. Kualitas audio (opsional). Biasanya secara bawaan, program akan memilih kualitas tertinggi, atau menentukan sendiri kualitas nilai bit atau bitrate, dengan mencentang kotak di sisi kiri salah satu opsi kualitas.

8. Tentukan tempat penyimpanan dengan mengklik Browse. Setelah itu klik tombol “Save” atau “Choose”.

9. Klik tombol Extract yang di bagian bawah jendela. Maka ekstraksi atau konversi musik dari video terpilih dimulai. Setelah proses selesai, audio disimpan ke direktori yang sudah ditentukan.

YouTube Music Premium

1. Dengan berlangganan YouTube Music Premium, maka dapat mengunduh musik yang tersedia untuk bisa dinikmati di luar jaringan. Lagu-lagu diunduh hanya bisa didengarkan melalui aplikasi YouTube Music.

2. Jalankan aplikasi YouTube Music pada perangkat. Aplikasi ini memiliki ikon persegi merah dan simbol pemutaran (segitiga menyamping) di dalamnya.

3. Cari lagu yang Anda ingin unduh. Jika Anda ingin mengunduh daftar putar, pilih tab “Library” di sisi kanan bawah jendela aplikasi dan sentuh daftar putar yang diinginkan.

4. Klik tombol ikon panah unduh (unduh lagu) atau tombol menu (daftar putar). Jika menekan tombol panah, lagu terpilih segera diunduh ke perangkat, dan bisa dinikmati di luar jaringan. Jika ingin mengunduh daftar putar, lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Pilih Download (unduh daftar putar). Lagu-lagu di dalam daftar sekarang sudah tersedia untuk dinikmati di luar jaringan.

Peringatan

  • Menyebarkan musik yang diunduh demi keuntungan merupakan tindakan ilegal.
  • Mengunduh musik dari YouTube merupakan bentuk pelanggaran ketentuan penggunaan Google dan bisa jadi dianggap ilegal di daerah tempat tinggal atau negara Anda, walau untuk keperluan pribadi.
  • Selektif dan hati-hati menggunakan situs web pengunduh. Beberapa situs memuat iklan pop-up dan tautan unduh palsu.
  • Jangan gunakan program tidak dikenal untuk mengunduh video-video dari YouTube karena program tersebut bisa mengandung perangkat perusak atau malware.

  
Back to top button