Cara Hentikan Rekomendasi Video Tidak Relevan di YouTube

Rekomendasi video yang ditampilkan Algoritma YouTube kepada pengguna sering tidak revelan, bahkan tidak berguna sama sekali. Hal ini diakui sendiri oleh sang pembuat algoritma YouTube tersebut.

Berikut Cara-cara Menghentikan Video tidak Relevan di YouTube

Ada dua faktor yang mempengaruhi munculnya rekomendasi video; search history dan watch history. Jika keduanya di reset, bisa jadi algoritmanya juga reset.

  • Buka YouTube baik via url atau aplikasi.
  • Navigasikan ke menu Account pada bagian pojok kanan atas.
  • Kemudian klik opsi Your data in YouTube.
  • Scroll kebawah hingga ke bagian YouTube controls, klik Manage your YouTube Watch History untuk menghapus watch history atau Manage your YouTube Search History untuk menghapus search history.
  • Pada panel kiri atas klik opsi Delete activity by.
  • Terakhir pilih All time pada menu drop down dan klik tombol Delete lalu Go it untuk kembali.
  • Dengan begitu search history akan terhapus, kamu juga bisa melakukan hal yang sama untuk menghapus watch history. Tapi, biasanya jika salah satu telah dilakukan, baik watch history atau search history maka telah terhapus.

Selanjutnya Tips Agar YouTube Menampilkan Rekomendasi Video Relevan

Tidak relevannya suatu rekomendasi video yang tampil, bukan seluruhnya kesalahan algoritma YouTube. Mungkin beberapa tips ini bisa dilakukan agar algoritma dapat menampilkan video yang relevan.

Antara lain memberikan feedback kepada video yang muncul pada halaman Homepage. Caranya navigasi ke salah satu video hingga muncul icon 3 titik , klik dan pilih opsi Not interested.

Silahkan lakukan hal serupa pada Channel yang muncul di laman Homepage. Dengan klik tombol X yang terletak pada bagian pojok kanan.

ARTIKEL TERKAIT

Dengan begitu algoritma YouTube akan mempelajari kebiasaan penggunanya ketika menggunakan YouTube, bahwa pengguna melakukan klik video yang memang relevan, dan memberikan feedback (Not interested) pada video yang tidak relevan.

  
Back to top button