Cara Jitu Memilih Durian agar Tidak Tertipu

Mmm… Mendengar nama durian kamu pasti terbayang aromanya yang langsung menyebar, dagingnya yang tebal serta rasanya yang begitu nikmat. Katanya, sang Raja Buah ini bisa membuat badan terasa hangat setelah beberapa saat menyantapnya. Tapi tunggu dulu, bagi yang hipertensi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi durian.

Dalam memilih durian memang bisa dibilang gampang-gampang susah atau menjadi kerumitan tersendiri bagi pembeli. Lalu bagaimana cara memilih durian yang baik?

1. Dari aroma

Cara ini yang paling mudah untuk tahu segar tidaknya durian. Aroma yang kuat menunjukkan buah masih segar, dan jika aroma terasa rada-rada atau tidak menguap, berarti durian sudah lama dipetik dari pohonnya.

Aroma durian yang matang itu pun berbeda-beda. Aroma kuat dan pekat menandakan rasa durian tersebut akan terasa ada pahit, dan jika aroma kuat dan tidak terlalu pekat, menandakan isinya yang manis.

Dan yang perlu diingat bahwa durian mentah juga mengeluarkan aroma, tapi hanya sekedar aroma segar buah yang lembut.

2. Duri dan kulitnya

Pilihlah durian yang kulitnya mulus dan tidak ada lubang-lubang. Kulit yang terbuka atau berlubang bisa jadi cacing masuk ke bagian dalam buah.

Duri yang besar-besar menandakan daging buah yang tebal. Jika ingin isinya daging kering dan padat, pilih duri jarang dan besar dan Jika ingin isinya daging basah, pilih kulit berjarak dekat.

3. Dari Bentuk

Durian dengan bentuk lonjong oval biasanya lebih baik daripada yang bulat. Hindari durian yang bentuknya kurang simetris, itu pertanda buah di dalamnya ada tidak utuh. Durian yang sudah merekah rasanya sudah hambar, yang tersisa hanya rasa manis saja.

4. Dari suara

Cara ini sudah biasa dilakukan bagi yang ahli memilih durian. Cukup cara digoyang atau ditepuk-tepuk, maka dapat diketahui segar atau tidak buah durian. Jika bunyi durian terdengar bergema, berarti buahnya segar dan matang.

Jika bunyinya ringan seperti ada rongga, berarti durian sudah tidak segar dan kemungkinan bagian dalam sudah membusuk.

5. Perhatikan bagian atas

Lihat tangkai durian bagian atas, tangkai yang tidak bergetah lagi atau sudah kering, pertanda durian sudah lama diambil dari pohonnya. Carilah durian dengan tangkai yang masih bergetah.

6. Lihat bagian bawah

Durian yang terlalu matang bagian bawah buahnya akan retak walau hanya sedikit. Tugas Anda, pastikan tidak ada retakan pada kulit luah bagian bawah durian. Sebab itu menandakan durian matang dengan sempurna.

7. Satu durian besar lebih baik

Yang satu ini sangat perlu. Membeli satu buah durian yang besar lebih baik daripada tiga durian kecil-kecil. Isi satu durian yang besar setara dengan empat sampai lima durian kecil.

8. Tidak terpaku pada penjual

Dari semua penjelasan di atas, yang satu ini sangat penting bagi pembeli. Penjual durian yang boros bicara hanya akan mengelabuhi pembeli, sehingga pembeli tidak leluasa memilih durian. Penjual yang jujur pasti menawarkan durian terbaik miliknya.

Tambahan

Bagi sebagian orang, makan durian yang terlalu banyak mungkin mengalami mabuk durian. Ntah mitos apa tidak, tips ini mungkin ampuh untuk menangkalnya, yaitu dengan minum air putih dari kulit dalam tempat buah durian.

Recommended