Cara Memasak Nasi yang Benar, Tidak Mentah atau Lembek

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia, orang Indonesia disebut paling banyak konsumsi nasi sedunia.

Ternyata, tak semua orang suksek dalam menanak atau memasak nasi lho. Hhmm… Sekilas memang terlihat mudah. Namun kebanyakan bagi pemula, hasil nasi yang dimasak bisa mentah atau kekurangan air dan lembek atau mungkin nasi kurang cerah karena kurang bersih saat mencuci besar tersebut.

Kini, alat khusus pun sudah ada untuk menanak nasi, yaitu rice cooker.

Beras dengan kualitas bagus pasti menghasilkan nasi yang bagus dan enak.

Memasak nasi dengan cara apapun, beras terlebih dahulu dibersihkan dari gabah atau padi yang terikut dalam beras lalu dicuci bersih secukupnya. Yang terpenting adalah takaran beras dan air harus disesuaikan. Ukuran air lebih tinggi satu ruas lipatan garis jari telunjuk dari besar, jangan kurang dan jangan lebih agar nasi tidak mentah atau lembek.

Tradisional

Memasak nasi dengan tungku dan panci sudah lama ditinggalkan warga perkotaan. Yang masih menggunakan cara ini mungkin warga di pedesaan. Sebenarnya hasil memasak nasi menggunakan api lebih enak dan lebih beraroma.

1. Memasak nasi sekali proses. Nasi dimasak dari awal hingga matang atau pulen dilakukan di satu panci atau tungku saja.

Namun perlu diawasi saat nasi akan mendidih dengan mengaduk agar merata matangnya nasi dan menjadi pulen. Selain itu dengan mengaduk, juga untuk menghindari nasi menjadi gosong dibagian paling bawah.

2. Dua kali proses. Setelah kondisi nasi sudah setengah matang, kemudian dipindah kedalam panci kukus. Panci kukus adalah panci memiliki saringan.

Lalu, kukus nasi sekitar 15 hingga 30 menit tergantung pada porsi nasi yang ditanak dan nasi pun siap disajikan.

Modern dengan Rice Cooker

Ini cara yang paling praktis. Bagi para pemula cukup hanya membaca buku panduan rico cooker, maka sudah bisa menanak nasi.

Memasak nasi dengan rice cooker, prosesnya tidak perlu ditungguin atau diawasi. Sehingga tak perlu kuatir nasi gosong atau berkerak.

Selain itu kehangatan nasi tetap terjaga.

Ini penting supaya nasi tetap pulen saat disantap. Nasi berubah warna jadi kuning setelah berapa lama mode hangat rice cooker.

Cara menghindarinya, setelah nasi matang, matikan rice cooker dengan mencabut kabel listriknya. Diamkan selama 20 menit, lalu nasi diaduk.

Setelah itu, nyalakan kembali rice cooker dengan mode hangat.

Tags

Recommended