Cara Membuat Ayam Crispy tanpa Tulang

Kuliner yang satu ini mungkin para pembaca sudah tahu. Adalah Ayam Crispy atau ayam goreng renyah yang merupakan hidangan standar dalam masakan Kanton di Tiongkok selatan dan Hong Kong. Ayamnya digoreng sedemikian rupa sehingga kulitnya sangat renyah, tetapi daging putihnya relatif lembut. [wikipedia]

Untuk olahan ayam goreng yang crispy juga bisa dibuat sendiri dirumah tanpa harus mengantri, dan pastinya low budget. Dan berikut ini tentang membuat ayam crispy tanpa tulang.

Bahan-bahan

Bahan Utama
– Dada ayam filled 500gr
– Minyak goreng 1 liter

Bahan Marinasi ayam
– Garam halus 1 sdt
– Penyedap rasa/royco rasa ayam 1 bgks
– Bawang putih bubuk 1 sdm
– Lada bubuk 1 sdm

Bahan Kering Tepung Crispy
– Tepung terigu 1 kg
– Maizena 4 sdm
– Soda kue 2 sdm
– Lada bubuk 1 bgks
– Bawang putih bubuk 1 sdm
– Penyedap rasa 1 bgks
– Garam 1 sdm

Bahan Basah/celupan
– Air secukupnya (pastikan ayam terendam)
– Campuran tepung crispy 5 sdm

Cara Membuat Ayam Crispy tanpa Tulang

  • Bersihkan dada ayam kemudian potong dadu, setelah itu masukkan bumbu marinasi aduk rata sisihkan dan diamkan selama 1 jam (lebih lama lebih bagus)
  • Siapkan 1 wadah besar untuk adonan bahan kering, masukkan semua bahan, lalu aduk hingga semua bahan menyatu dengan baik.
  • Ambil sebanyak 5 Sdm bahan keringnya masukkan kedalam wadah yang sudah di isi air untuk bahan basah atau celupan aduk rata.

Tahap penggorengan

Panaskan minyak goreng terlebih dahulu, kemudian ayam yang sudah dimarinasi dimasukkan kedalam bahan kering. Aduk sampai seluruh ayam terbalut tepung, ayak sedikit lalu masukkan ke wadah celupan. Biarkan ayam terendam sebentar, aduk angkat dan tiriskan lalu masukkan kembali ke bahan kering aduk-aduk sampai ayam kelihatan keriting dan tidak perlu ditekan, ayak kembali dan goreng di minyak panas. Masak ayam hingga kuning keemasan dan tiriskan.

Ayam crispy siap dinikmati keluarga dipadukan dengan olahan saos atau sambal kesukaan.

  
Back to top button