Cara Membuat File atau Folder Tidak Dapat Dihapus di Windows 10

Penyebab hilangnya suatu file atau folder dari komputer, yakni terhapus secara tidak sengaja. Menjengkelkan memang, jika ternyata file itu berisi data penting. Agar berikutnya tidak terjadi hal demikian, cara yang ampuh ialah dengan mengatur file atau folder supaya tidak dapat dihapus.

Cara yang dilakukan di Windows adalah dengan mengatur permission terhadap suatu file atau folder.

Setelah sebelumnya AGOAGA membahas dan memberikan panduan Cara Menghapus Paksa File atau Folder di Windows 10. Panduan cara kali ini mencoba membahas bagaimana agar file atau folder tidak bisa dihapus.

Membuat File atau Folder Tidak Dapat Dihapus

  • Klik kanan pada file atau folder, lalu pilih Properties.
  • Arahkan ke tab Security, seterusnya pilih opsi Edit.
  • Pada kolom Group or user names, pilih salah satu user name yang ingin dibatasi. Kemudian pada bagian bawah, tepat di kolom Permissions for ‘user name’, membuat batasan dengan memberikan centang pada opsi Modify di kolom Deny, sehingga file atau folder terkait tidak dapat dihapus. Atau bisa juga langsung mencentang opsi Full Control di kolom Deny. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Klik OK menyimpan pengaturan dan menutup jendela Properties.

Setelah semua selesai dilakukan, cobalah untuk menghapus file atau folder yang telah diberi permission; apakah bisa dihapus atau tidak.

Referensi

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker