Cara Membuat Grafik di Excel

Grafik atau bagan atau diagram, adalah sebuah representasi grafis dari data. Data yang diwakili dibentuk oleh simbol-simbol, seperti batang dalam bagan batang, garis-garis dalam sebuah bagan garis, atau irisan dalam bagan pai. Sebuah bagan dapat mewakili bentuk tabel numerik data, fungsi, atau beberapa jenis struktur kualitatif yang memberikan informasi yang berbeda. [Wikipedia]

Selain itu, grafik juga merupakan bentuk visual dari tabel yang berisi data untuk menyajikan perbandingan data pada satu atau beberapa data.

Ada beberapa jenis grafik yang bisa digunakan untuk membandingkan data; seperti grafik garis, lingkaran dan batang.

  • Untuk grafik garis digunakan untuk menggambarkan suatu perkembangan atau perubahan data dari waktu ke waktu.
  • Grafik lingkaran biasanya digunakan untuk menyajikan data statis dalam bentuk lingkaran dengan menggambarkan persentase.
  • Grafik batang atau histogram dipakai untuk memberikan penekanan pada perbedaan tingkat atau aspek.

Cara Membuat Grafik Microsoft Excel

Penggunaan Microsoft Excel cukup mudah mengubah data menjadi bentuk grafik. Sehingga lebih mudah dibaca serta dipahami.

Langkah pertama adalah dengan menjalankan aplikasi Excel, bisa dengan versi 2007 atau lebih lagi untuk fitur yang lebih lengkap. Kemudian buat lembar kerja baru dan lanjut ke langkah berikutnya.

ARTIKEL TERKAIT

1. Buat Tabel Data

Langkah selanjutnya membuat tabel berisi data-data yang dibutuhkan. Input data dengan teliti agar datanya tidak salah. Lalu blok semua data yang telah dibuat tadi.

2. Mengubah menjadi Grafik

Blok semua data yang telah di input, lalu pilih tab menu Insert dan pada grup Charts kalian bisa melihat beberapa pilihan bentuk grafik.

Ada berupa garis, batang, lingkaran, balok dan lain sebagainya. Pilihlah sesuai yang dibutuhkan. Setelah itu pasti data berupa tabel tadi sudah berubah menjadi grafik.

3. Mengubah Model Grafik

Tersedia model atau jenis grafik, kamu bisa mengubahnya sesuai keinginan. Caranya pilih tab menu Design dan klik Change Chart Type. Kemudian akan muncul banyak pilihan jenis grafik yang bisa dipilih.

4. Penyesuaian Grafik

Kreasikan bentuk grafik yang sesuai keinginan, caranya klik kanan pada grafik dan pilih opsi Format Plot Area.

Ada banyak opsi untuk penyesuaian grafik. Kalian bisa mengubah warnanya sesuai dengan kebutuhan. Setiap area juga memiliki pengaturan yang berbeda-beda sehingga bisa membuatnya menjadi lebih variatif.

Dan grafik selesai dibuatkan. Itulah sedikit tutorial tentang cara membuat grafik Microsoft Excel. Kalian bisa dengan mudah mengubah data tabel ke dalam bentuk chart yang beranekaragam. Semoga tips diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Referensi

  
Back to top button