Cara Memindai QR Code dengan Ponsel Android

QR Code atau Kode QR (Quick Response) adalah jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Dikembangkan oleh Denso Wave, suatu divisi Denso Corporation yang merupakan perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai. [wikipedia]

Google telah menambahkan kemampuan untuk memindai kode QR melalui Google Lens dan itu ada di Android 8 dan seterusnya, sehingga pengguna tidak lagi memerlukan aplikasi ketiga untuk membaca kode tersebut dengan ponsel Android.

Memindai QR Code dengan ponsel Android, diperlukan Google Lens dan itu hanya ditemukan di dalam Google Assistant dengan Android 8 dan seterusnya. Bagi pengguna Android 11, itu akan terletak di bilah pencarian Google di layar beranda atau di aplikasi Google. Dibeberapa ponsel tertentu juga memilikinya di dalam aplikasi kamera.

  1. Buka Google Assistant, kemudian temukan dan ketuk Google Lens, atau ikon kamera kecil di bilah pencarian layar beranda atau aplikasi Google.
  2. Jika kamera ponsel Android memiliki Google Lens di dalamnya, ketuk ikon Lens di aplikasi kamera.
  3. Setelah Google Lens terbuka, arahkan kamera ke kode QR untuk dipindai.

Setelah memindai QR Code dengan Google Lens di ponsel Android, maka akan muncul tautan, teks, atau data apa pun yang seharusnya ditampilkan oleh kode tersebut.

Referensi

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker