Cara Memperbaiki Hasil Print Tidak Sesuai di Microsoft Excel

Mungkin Anda pernah mengalami hasil cetak spreadsheet Excel yang keluar dari printer. Dimana hasil cetak spreadsheet tidak sesuai; yang diinginkan mode landscape yang keluar ternyata portrait. Mungkin pada bagian tertentu dari spreadsheet tidak pernah dicetak, atau spreadsheet membutuhkan banyak halaman untuk dicetak.

Apa pun yang salah dapat dihindari dengan mengikuti beberapa cara, seperti; mengubah margin, mengatur area cetak, membuat skala lembar yang akan dicetak, dan memilih opsi lembar yang tepat. Dan untuk melakukan beberapa cara itu, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah berikut.

Memperbaiki Hasil Print tidak sesuai di Microsoft Excel

Cara Memeriksa Orientasi Sebelum Mencetak Spreadsheet

Bisa jadi tampak jelas, tetapi periksa juga Orientation sebelum mencetak. Itu tidak selalu mode landscape. Pilih tab Page Layout dan klik ikon untuk Orientation.

Selanjutnya, lihat margin halaman. Dari menu Page Layout, klik ikon Margins. Untuk meminimalkan jumlah halaman yang dicetak, pilih opsi Narrow, atau pilih Custom Margins dan atur sendiri. Ingatlah untuk meninggalkan setidaknya sedikit ruang untuk margin agar ruang lembar kerja yang dicetak bisa bernafas.

Cara Menghapus atau Mengatur Area Cetak Sebelum Mencetak Spreadsheet

Dari menu Page Layout, klik Print Area dan pilih Clear Print Area. Jika ingin mendefinisikan ulang area cetak, pilih sel yang ingin dicetak. Klik ikon Print Area dan pilih Set Print Area.

Mengatur Jeda Halaman Sebelum Cetak Spreadsheet

Jika spreadsheet berisi banyak baris atau kolom, spreadsheet mungkin pecah di tempat yang tidak tepat saat mencetaknya. Untuk memperbaikinya mengatur page break secara manual. Dan mengatur hentian halaman horizontal, pilih baris mana yang ingin dicetak untuk dipisah. Mengatur hentian halaman vertikal, pilih seluruh kolom.

Pada Page Layout, klik ikon Breaks dan pilih Insert Page Break. Untuk menghapus break, pilih baris atau kolom yang sama, klik ikon Breaks, dan pilih Remove Page Break. Jika telah membuat beberapa hentian halaman yang ingin hapus, pilih opsi untuk Reset All Page Breaks.

Cara Memeriksa Pratinjau sebelum Mencetak Spreadsheet

Sekarang memeriksa spreadsheet akan terlihat saat dicetak. Tekan Ctrl+F2 untuk melompat ke mode Print untuk melihat pratinjau spreadsheet. Dan dari sini bisa melihat satu halaman ke halaman lain. Setelah selesai, klik panah kiri di bagian atas untuk kembali ke tampilan biasa.

Cara Menskalakan Sebelum Mencetak Spreadsheet

Cara lain untuk mengontrol pencetakan pada spreadsheet multi-halaman adalah dengan mengatur lebar, tinggi, atau skala tertentu.

Pada Page Layout, klik kotak tarik-turun di sebelah Height, maka dari sini dapat mengatur sejumlah halaman tertentu untuk dicetak. Bila ingin memilih spreadsheet dua halaman yang panjang ke dalam satu halaman yang dicetak, pilih opsi untuk 1 page. Jika ingin mengecilkan spreadsheet ke persentase tertentu baik lebar maupun tinggi, klik panah bawah di samping Scale atau ketik angka tertentu, misalnya 75%.

Cara Mengatur Opsi Lanjutan sebelum Mencetak Spreadsheet

Mengubah halaman cetak yakni melalui kotak dialog Page Setup. Untuk sampai ke sana, klik kotak kecil di sudut kanan bawah bagian Page Setup dari Page Layout.

Referensi:

Exit mobile version