Cara Memperbaiki Masalah Tautan tidak Diizinkan di Instagram

Untuk keamanan, dalam kasus-kasus tertentu Instagram akan melakukan sesuatu penolakan terhadap tautan yang dianggap spam atau penyalahgunaan link atau tautan tertentu.

Tentunya penolakan itu dilakukan dengan tanpa alasan atau pemberitahuan terlebih dahulu, alias main tolak aja. Seperti masalah tautan tidak diizinkan Instagram.

Penyebab Tautan Tidak Diizinkan di Instagram

  • Menggunakan aplikasi auto like dan follower
  • Melakukan follow ke akun lainnya secara berlebihan
  • Bom like status
  • Spam komentar
  • Postin banyak foto dalam waktu singkat
  • Menggunaka access token instagram ilegal
  • Login di banyak device di saat bersamaan
  • Access token instagram permanen disalahgunakan

Ada 4 cara agar tautan dapat diizinkan oleh Instagram, silahkan disimak;

1. Fitur Apps and Website

Secara umum, ketika kita menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, maka akun Instagram secara otomatis masuk dengan memakai aplikasi tersebut.

Gunakan apps and website yang ada di Instagram untuk menghapus aplikasi yang terhubung dengan akun Instagram.

Silahkan login ke akun instagram, kemudian pergi ke Setting dan

Setelah masuk ke dalam setting profil, carilah Apps and Website. Di dalam halaman apps and website, Anda tekan bagian Revoke Access.

Fungsi Revoke Access ini untuk mencopot semua aplikasi yang sedang terhubung dengan akun. Apabila sudah selesai, lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Ganti Password Instagram

Beberapa aplikasi yang digunakan sebagai pihak ketiga akan selalu melakukan aktivitas seperti kegiatan spamming. Semuanya dilakukan secara otomatis menggunakan akses token ini. Artinya, meskipun tak ada akivitas dilakukan di Instagram, namun sistim di dalamnya masih tetap berjalan seperti biasa.

Token terbagi menjadi dua jenis; akses token permanen dan akses token yang sudah expired.

Apabila aplikasi masih menggunakan sistem akses token yang expired, lakukan penggantian password dan secara otomatis akses token diubah menjadi lebih baru. Jika akses token telah berganti, maka aplikasi pihak ketiga tidak berjalan otomatis lagi. Dengan begitu, akun akan terhindar dari tuduhan spamming.

Untuk aplikasi yang sistem akses token permanen, akses tetap berjalan seperti biasa meskipun password dan usernamenya sudah diubah. Maka dari itu, beberapa aplikasi media sosial lainnya sering memberikan pemberitahuan jika akun yang digunakan dapat diakses oleh token.

3. Ubah Username Instagram

Jika mengubah password masih belum cukup, maka mengubah username bisa menjadi pilihan selanjutnya. Beberapa kasus juga menunjukan bahwa terkadang mengganti username dapat memengaruhi spamming otomatis oleh aplikasi pihak ketiga. Cara ini hanya bersifat sementara saja, jika spamming telah berhenti aktif, maka gunakan username lama kembali. Biasanya spamming akan berhenti setelah dua hari melakukan pergantian username. Jika email yang digunakan telah diganti, anda bisa pelajari cara mengembalikan akun Instagram yang emailnya sudah diganti dengan mudah.

4. Melaporkan ke pihak Instagram

Jika beberapa cara sebelumnya tidak ampuh, maka maka cara terakhir ialah melaporkan ke pihak Instagram. Instagram sudah sediakan fiturnya yang dapat digunakan oleh para penggunanya jika bermasalah.

Lakukan login akun terlebih dahulu, kemudian klik tombol follow ke akun siapapun untuk memunculkan sebuah pesan. Jika muncul pesan, silakan klik “Laporkan Masalah”. Jika sudah menekan tombol tersebut, silakan tunggu prosesnya.

Biasanya proses penangannya sendiri bisa mencapai 2 x 24 jam. Setelah melewati masa tersebut, maka akun Anda dapat digunakan seperti biasa kembali. Jika akun sudah normal kembali, jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama. Instagram akan melakukan banned permanen jika terjadi hal yang sama kembali. Contohnya bisa Anda lihat ciri ciri Instagram kena shadowban yang tidak disadari.

Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

  
Back to top button