Cara Memperbaiki Windows 10 Not Responding

Windows 10 not responding. Gejala yang terjadi dengan mengakibatkan program yang tidak responsif, atau tidak dapat mengklik apa pun di komputer.

Alasannya bisa beragam, mulai dari sumber daya sistem komputer yang tidak cukup, hingga karena terlalu banyak aplikasi dan layanan yang berjalan sehingga memperlambat dan bahkan menghentikan komputer. Yang lainnya disebabkan komputer terinfeksi malware.

Tapi jangan khawatir. Akan dibahas bagaimana memperbaiki masalah dan mengembalikan komputer ke semula.

Cara Memperbaiki Windows 10 not responding

Berikut beberapa solusi yang bisa dicoba. Semua tidak perlu di coba, cukup hanya pada yang bisa menyelesaikan masalah.

1. Restart komputer

Ini cara mudah. Banyak masalah teknis dapat diselesaikan dengan restart komputer. Seringkali ini cukup untuk memperbaiki masalah jika Windows 10 not responding.

Setelah memulai ulang, lalukan pengujian apakah masalah terselesaikan?

2. Troubleshoot komputer

Jika tiba-tiba komputer not responding, coba lakukan troubleshoot dan melihat apa yang menyebabkan masalah tersebut. Berikut cara melakukannya:

Setelah pemecahan masalah, reboot komputer dan lihat apakah itu kembali merespons.

Jika masalah masih berlanjut, coba cara lain berikutnya.

3. Perbarui Driver yang Tersedia

Driver yang hilang atau kedaluwarsa dapat menyebabkan Windows 10 not responding, karena masalah perangkat keras. Perbarui driver di komputer

Ada dua cara untuk memperbarui driver: secara manual dan otomatis.

Perbarui driver secara manual. Kunjungi situs web produsen, mengunduh driver versi terbaru, dan menginstalnya. Pastikan untuk menginstal yang kompatibel dengan sistem operasi komputer.

Perbarui driver secara otomatis. Jika ingin simpel dan tak mau memakan waktu, perbarui driver secara otomatis dengan Driver Easy.

Driver Easy akan secara otomatis mengenali sistem dan menemukan driver yang tepat untuknya. Dengan aplikasi ini, terhindar kesalahan mengunduh dan kesalahan instal driver.

4. Jalankan Pemeriksa File Sistem

Jika file sistem hilang atau rusak, Windows 10 mungkin not responding. Jadi dapat menjalankan System File Checker (SFC) untuk memindai komputer dan memperbaiki masalah yang terdeteksi.

Mulai ulang dan lihat apakah Windows 10 not responding masalah teratasi.

5. Jalankan pemindaian virus

Windows 10 mungkin berhenti merespons jika ada virus atau malware. Jadi jalankan pemindaian virus di seluruh sistem Windows. Tunggu hingga proses selesai. Windows Defender mungkin tidak mendeteksinya, jadi diperlukan aplikasi antivirus.

Jika ada malware yang terdeteksi, ikuti instruksi yang diberikan oleh program antivirus untuk memperbaikinya.

Kemudian restart komputer dan coba luncurkan programnya kembali untuk melihat apakah itu berfungsi.

6. Lakukan clean boot

Clean boot memungkinkan untuk memulai Windows tanpa menjalankan layanan non-Microsoft. Ini akan membantu memecahkan masalah dan menentukan aplikasi atau program apa yang menyebabkan masalah.

Setelah reboot, aktifkan perangkat yang dinonaktifkan satu per satu untuk mengetahui layanan mana yang menyebabkan Windows 10 not responding.

7. Instal pembaruan Windows

Pembaruan Windows terus merilis tambalan yang dapat memperbaiki masalah buggy dan meningkatkan kinerja Windows. Jadi dapat memperbarui Windows 10 untuk memperbaiki masalah.

Periksa apakah masalah Windows 10 not responding telah diperbaiki.

Exit mobile version