Cara Memperbesar Kursor di Windows 11

Kursor atau penanda-kini atau mouse pointer adalah indikator posisi pada monitor komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespons masukan dari suatu masukan teks atau peranti penunjuk.

Kursor secara umum dibagi dua jenis: kursor teks dan kursor tetikus. Kursor teks adalah petunjuk pada antarmuka baris perintah (CLI) atau editor teks yang menunjukkan tempat teks akan diletakkan sewaktu dimasukkan (titik penyisipan) dan biasanya berupa garis bawah, segi empat, atau garis vertikal yang dapat berkedip atau stabil. Kursor tetikus adalah petunjuk sekunder yang ditambahkan oleh tetikus atau peranti penunjuk komputer lain untuk menunjukkan posisi penunjuk tersebut yang bisa berbentuk seperti tanda panah pada sistem GUI atau kotak pada sistem CLI.

Pada penggunaannya, ternyata posisi kursor terkadang sulit untuk ditemukan atau tidak terlihat dan ini bisa terjadi khususnya pada layar dengan resolusi tinggi. Agar kursor tetap bisa ditemukan, ada aplikasi yang bisa menemukannya, nama aplikasi itu adalah PowerToys. Dengan fitur mouse finder yang dimiliki PowerToys maka posisi kursor dengan mudah ditemukan.

Menggunakan aplikasi PowerToys tentunya melakukan dengan cara otomatis, jika tidak ingin menambahkan aplikasi hanya untuk menemukan kursor, maka ada langkah manual dengan mengatur besaran ukuran kursor.

Cara Memperbesar Ukuran Kursor di Windows 11

1. Klik Start kemudian pilih Settings » Accessibility » Mouse pointer and touch.

2. Pada bagian Size, ubah ukuran dengan menggeser tombol yang akan memunculkan nomor atau angka ukuran Mouse Pointer.

Maka kursor pun telah berubah ukurannya menjadi lebih besar dari ukuran semula. Dan untuk mengembalikan ukuran kursor semula, cukup hanya mengubahnya kembali ke posisi awal.

Demikian panduan cara memperbesar ukuran kursor di Windows 11, semoga panduan cara kali ini bisa membantu Anda. Dan jika pada isi artikel panduan cara ini terdapat kekeliruan, silahkan kirim komentar perbaikan Anda ke email yang ada di Contact.

Exit mobile version