Cara Memperkecil Ukuran Foto tanpa Mengurangi Kualitas

Untuk menyimpan file foto tanpa harus khawatir terhadap besarnya ukuran foto tersebut, serta tidak mengurangi kualitas foto, berikut ada cara untuk mengubah ukuran foto jadi kecil atau kompress foto tanpa mengurangi kualitasnya.

1. Cara Online

Mengompres foto secara online terbilang paling mudah, tidak perlu mengunduh aplikasi dan menginstall apa pun. Dengan cara ini, bisa melakukannya di PC atau ponsel.

Untuk mengkompres foto secara online;

 

Klik opsi Unggah File, lalu pilih foto yang ingin di kompres. Atau bisa juga dengan drag-and-drop foto dari file manager ke browser.

20 foto sekaligus bisa dikompress di situs ini. Foto yang sudah dipilih akan otomatis terunggah dan dikompres. Tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres selesai dan setelah itu, silahkan unduh foto yang sudah dikompres. Namun jika ukuran file foto dirasa belum sesuai keinginan, lakukan scroll ke bawah dan mengubah level kompresinya.

Dan akan terlihat dua versi foto yang belum dikompres dan sudah. Di sebelahnya terlihat slider indikator kualitas foto yang bisa dinaikkan atau turunkan sesuai keinginan.

Jika ukurannya sudah sesuai dengan yang dinginkan, klik Unduh semua untuk mengunduh foto-foto ke PC atau ponsel.

Di situs ini, foto dikompres hingga berkisar 75%. Cukup drag & drop atau seret file foto yang akan di kompres maka secara otomatis proses kompres berjalan.

Selain itu, situs ini bisa melakukan kompres lebih dari 20 foto secara bersamaan atau sekaligus. Jika foto-foto sudah selasai dikompres, silahkan download atau unduh foto tersebut baik dengan unduh satu per satu ataupun unduh semua.

Situs ini juga ada tersedia fitur pengecekan Situs Drop atau Tidak, Cek Kompresi Gzip, Pengecek SSL dan Bagi Link Creator.

Keempat fitur ini berada dibawah fitur kompresi foto, cukup dengan scroll kebawah.

2. Kompres Foto di PC Windows

Cara offline atau tak terhubung internet. Tak perlu mengunduh aplikasi lain, karena menggunakan aplikasi Photos bawaan Windows.

Pilih foto yang ingin di kompres dari file manager. Setelah itu klik kanan di foto yang diinginkan, pilih Open With di menu kemudian pilih opsi Photos.

Setelah foto terbuka di Photos, klik tiga titik yang ada di sisi kanan atas layar. Maka akan muncul drop down menu dan klik Resize.

Kemudian pilih ukuran yang diinginkan. Ada tiga pilihan ukuran yaitu Small, Medium dan Large. Setelah memilih ukuran yang diinginkan, akan muncul window Save As untuk menyimpan foto.

Pilih folder tempat penyimpanan, masukkan nama baru foto tersebut, kemudian pilih Save.

3. Cara Kompres Foto di Smartphone Android

Untuk kompres foto menggunakan smartphone Android ada banyak cara, termasuk menggunakan aplikasi.

Salah satu aplikasi kompres foto yang mudah dan banyak digunakan adalah Photo Compress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo.

Unduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.

Di halaman depan pilih menu Compress Photos. Pilih foto yang diinginkan, hingga 100 foto sekaligus bisa dipilih untuk dikompres.

Setelah selesai memilih foto klik tanda centang yang ada di sisi kanan atas aplikasi. Ada dua opsi kompresi yaitu mengecilkan foto berdasarkan kualitasnya atau ukurannya.

Jika memilih opsi kualitas, geser slider yang ada hingga persentase kualitas yang diinginkan. Semakin besar persentasenya, semakin besar juga ukuran dan kualitasnya, begitu pula sebaliknya.

Jika memilih opsi ukuran, bisa dikecilkan sesuai dengan ukuran spesifik, misalnya 200 KB. Cukup menggeser slider yang ke angka 200 KB.

Jika kualitas dan ukuran sudah sesuai keinginan klik Start Compressing. Tunggu beberapa saat dan foto akan otomatis tersimpan di folder LitPhoto yang bisa diakses di Gallery atau file manager.

  
Back to top button