Cara Menambahkan Kode CSS Kustom ke Situs WordPress

CSS Kustom merupakan penambahan kode CSS diluar dari yang ada, bertujuan untuk memberi gaya tersendiri yang datang dari keinginan pemilik website.

Dalam panduan kali ini, akan ditunjukkan bagaimana menambahkan kode CSS kustom ke situs WordPress tanpa mengedit file tema apa pun.

Cara Mudah Menambahkan CSS Kustom ke Web WordPress

1. Menambahkan CSS Kustom Melalui Theme Customizer

Mulai versi WordPress 4.7, menambahkan CSS kustom bisa dilakukan pengguna langsung dari dasbor admin.

  • Di dasbor admin, navigasi ke Appearance » Customize, yang akan meluncurkan antarmuka penyesuai tema WordPress.
  • Pada halaman tampil pratinjau langsung situs dan opsi di panel kiri. Kemudian klik Additional CSS yang di panel kiri bawah.
  • Lalu panel opsi kiri akan berubah menjadi panel customing Additional CSS disertai muncul kotak dibawahnya tempat menambahkan CSS kustom. Scroll kebawah di panel kiri untuk melihatnya. Usai menambahkan kode CSS kustom yang valid, maka secara langsung terlihat pratinjau situs web.
  • Jika semua kode CSS kustom ditambah dan tampilan juga sudah seusai keinginan, klik tombol ‘Publish‘ di bagian atas panel.

2. Menambahkan CSS Kustom Menggunakan Plugin

Cara berikut ini dengan menggunakan bantuan plugin.

  • Pastinya masih di dasbor admin, instal salah satu plugin untuk CSS, yang dipakai pada panduan ini adalah Simple Custom CSS Plugin. Setelah aktivasi, lalu navigasi ke Appearance » Custom CSS dan ketik atau tempel CSS kustom.
  • Tekan tombol ‘Update Custom CSS‘ untuk menyimpan perubahan.

Sekarang setelah CSS kustom ditambahkan, lihat perubahan pada situs web WordPress Anda.

Kesimpulan

Kedua metode di atas sangat cocok bagi pemula. Untuk pengguna tingkat lanjut juga dapat menambahkan CSS khusus langsung ke tema mereka.

Namun, tidak disarankan menambahkan cuplikan CSS kustom ke dalam tema induk. Perubahan CSS akan hilang jika secara tidak sengaja memperbarui tema tanpa menyimpan perubahan khusus.

Pendekatan terbaik adalah menggunakan child theme sebagai gantinya. Namun, banyak pemula tidak ingin membuat child theme, dikarenakan ketidaktahuan fungsi dan cara menggunakan child theme itu.

Jika terdapat kekeliruan di dalam panduan cara ini, silahkan kirim komentar perbaikan Anda ke email yang ada di Contact.

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker