Cara Menampilkan Komentar Terbaru Pertama di WordPress

Menggunakan komentar bisa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung pada suatu website. Dengan tampilnya komentar terbaru secara mencolok terlebih dahulu, maka percakapan dapat tetap segar yang memungkinkan berlangsungnya komentar berkesinambungan dan saling berinteraksi.

Secara default, situs WordPress menampilkan komentar lama terlebih dahulu di atas. Mungkin termasuk Anda sebagai pemilik website, ingin mengatur komentar dengan menampilkan komentar terbaru pertama atau di atas.

Artikel kali ini membahas cara mudah mengatur komentar untuk menampilkan komentar terbaru di atas.

Mengatur Komentar Baru Terlebih Dahulu yang Tampil

Sebenarnya WordPress menghadirkan opsi bawaan untuk mengatur ulang urutan tampilan komentar pada posting dan halaman Anda.

Navigasi ke Settings » Discussion. Ada opsi ‘Comments should be displayed with the older comments at the top of each page‘ di bawah bagian ‘Other comment settings‘.

discussion settings wordpress

Klik di menu drop down dan pilih newer. Setelah itu klik tombol ‘Save Changes‘ di bagian bawah halaman untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Dan sekarang telah tampil komentar terbaru paling atas.

Mengatur Urutan Tampilan Komentar secara Manual

Cara berikut ini cukup rumit, karena harus memasukkan kode ke website. Meskipun begitu cara ini sangat membantu jika sedang mengerjakan tampilan atau theme website klien tapi tidak memiliki akses ke dasbor pengaturan.

Maka sebagai gantinya menggunakan metode kode.

Cukup tambahkan kode berikut ini di file functions.php theme atau tema website.

function wpb_reverse_comments($comments) {
// Check comment order 
$comment_order = get_option('comment_order');
 
// if comment order is default then change it. 
if ( $comment_order == 'asc' ) {
return array_reverse($comments);    
}
}   
add_filter ('comments_array', 'wpb_reverse_comments')

Cara kerja kode ini adalah pertama-tama memeriksa pengaturan situs untuk mengkonfirmasi urutan komentar.

Jika urutan komentar di situs WordPress diatur ke default, maka ia menggunakan filter comments_array untuk membalikkan tampilan komentar (terbaru).

Catatan: Kode ini akan memaksa WordPress untuk menampilkan komentar terbaru terlebih dahulu terlepas dari opsi apa yang diatur dalam pengaturan WordPress. Jika ingin kembali ke urutan komentar default, hapus kode ini.

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker