Cara Menata atau Sembunyikan Subcategories di WordPress

Mengatur postingan ke dalam kategori dan subkategori dapat membantu navigasi dan terutama membantu SEO. Namun, daftar panjang subkategori tidak akan selalu terlihat bagus di situs dan itu perlu dilakukan perbaikan atau penataan dan bahkan dengan menyembunyikannya.

Subkategori diperlukan ketika susunan atau struktur website sudah menjadi banyak, padat dan kompleks. Misalnya blog berisi konten teknologi, yang ketika berkembang sehingga perlu membuat subkategori, komputer, laptop, PC.

Untuk menampilkan kategori di widget, bisa menggunakan daftar datar atau hierarki. Dan yang tampil seperti ini;

Masuk ke dasbor WordPress, lalu navigasi ke Appearance » Widgets, dan centang ‘Show hierarchy‘ di widget Categories.

Dengan cara begini menjadikan sebagai daftar kategori panjang yang tidak bisa diatur sehingga terlihat kurang bagus bagi situs itu sendiri.

Untuk mengaturnya, dalam panduan berikut ini akan diberitahukan cara menata dan menyembunyikan subkategori supaya terlihat rapi dan mudah di navigasi.

Cara Menyembunyikan Subkategori Menggunakan CSS

Pada cara ini dibutuhkan kemampuan dasar mengolah kode CSS. Kemudian, untuk menata dan menyembunyikan subkategori kode CSS akan disisipkan ke file style.css.

Salin kode CSS berikut dan sisipkan ke file style.css

.children {
display:none;
}

Untuk menyisipkannya bisa melalui dasbor ke Appearance » Customizer lalu klik Additional CSS di bagian bawah daftar. Setelah dikira selesai klik tombol Publish. Atau membuka file style.css dan menyisipkan kode CSS melalui aplikasi penyunting kode seperti Notepad++.

Cara Menata Subkategori Menggunakan CSS

Menata subkategori sama seperti bagaiman cara menyembunyikannya. Hanya dengan menyalin kode CSS menyisipkan melalui menu Theme Customizer atau ke style.css melalui aplikasi penyunting kode. Bagi Anda yang masih pemula, supaya tidak membuat kesalahan yang bisa merusak situs WordPress Anda. Baiknya untuk menyimak panduan tentang cara menambahkan kode CSS kustom ke situs WordPress.

.children {
padding: 0 0 0 5px;
margin: 0 0 0 2px;
border-left: 1px solid #333;
}

Klik tombol Publish jika setelah menyisipkan kode CSS melalui Theme Customizer.

Sekarang lihat atau kunjungi website untuk melihat pratinjau perubahan. Hal yang terpenting adalah jangan ragu melakukan penyesuaian pada kode CSS untuk gaya dengan selera sendiri.

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker