Cara Menemukan Akronim di Dokumen Word

Sebelum di dalam Editor Microsoft Word dapat mencari akronim dan definisinya, kita semua harus bekerja sedikit lebih keras untuk menemukan akronim, dan untungnya ada lebih dari satu cara.

Akronim atau singkatan adalah serangkaian inisial yang digunakan untuk mewakili frasa yang lebih panjang. Misalnya, URL bukanlah sebuah kata tersendiri, ini adalah akronim dari Uniform atau Universal Resource Locator. Dalam panduan cara kali ini akan ditunjukkan tiga cara untuk menyorot akronim dalam dokumen Word.

Bagaimana Cara Menemukan Akronim dalam Dokumen Word?

1. Cara menggunakan panel Acronyms di Word

Microsoft 365 versi enterprise memiliki fitur yang mencantumkan akronim di versi desktop dan online. Untuk melihat daftar akronim yang ditentukan, klik tab References.

Panel Acronyms akan menampilkan daftar akronim yang telah ditentukan.

Dengan didefinisikan, maksudnya frasa yang diwakili oleh akronim. Sekali lagi, untuk URL, panel juga akan menampilkan Universal Resource Locator.

Apabila memilih akronim dalam teks, fitur ini akan menambahkan definisi untuk Anda! Dan jika tidak menemukan definisi, dapat menunggu beberapa hari untuk melihat apakah fitur tersebut diperbarui, atau menentukannya sendiri. Fitur ini hanya tersedia untuk yang lisensi saja.

2. Cara menggunakan Find di Word

Jika tidak memiliki lisensi, maka bisa menggunakan fitur Find untuk menyorot semua akronim dalam dokumen. Sebenarnya metode ini tidak secerdas yang dibayangkan karena metode ini akan menyorot setiap contoh dari dua atau lebih huruf besar. Itu berarti hasil mungkin menyoroti sesuatu selain akronim yang benar. Sekarang, mari kita lihat string pencarian yang dapat digunakan:

  • Tekan Ctrl + F atau klik menu tarik-turun Pengeditan pada tab Home untuk membuka panel Navigasi. Dari dropdown (ke kanan), pilih Advanced Find.
  • Klik More lalu centang opsi Use Wildcards.
  • Centang opsi No Formatting di bagian bawah jika tidak redup. Fitur Find mengingat tugas Find terakhir dan jika menyertakan pemformatan, mungkin tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Sebaiknya selalu centang opsi ini saat memulai tugas Find yang baru.
  • Dalam kontrol Find What, masukkan <[A-Z]{2,}>.
  • Klik Reading Highlight lalu klik Highlight All.
  • Klik Close untuk melihat sorotan seperti pada gambar dibawah.

Metode ini memiliki dua kelemahan:

  • Ini menyoroti MD. Meskipun menganggapnya sebagai akronim, Anda mungkin tidak ingin menyorotnya dalam jenis pencarian ini. Jika Anda mengoreksinya menjadi M.D. (dengan titik), tugas Find akan mengabaikannya.
  • Semua sorotan menghilang segera setelah mengklik sesuatu.

Metode ini bisa lebih membuat frustrasi daripada membantu karena sorotan tidak permanen. Sekarang, lihat prosedur VBA yang memiliki hasil yang lebih permanen.

3. Cara menggunakan prosedur VBA di Word

Sorotan cepat mungkin yang dibutuhkan, tetapi sebagian besar waktu akan menginginkan sesuatu yang lebih permanen. Prosedur di Listing melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan string Find di bagian terakhir. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa itu permanen sampai menghapusnya. Gunakan kode yang sama untuk menghapus sorotan dengan mengubah .Replacement.Highlight menjadi False.

Listing

Sub HighlightAcronyms()

'This procedure highlights all instances of two or more.

'uppercase letters.

Selection.Find.ClearFormatting

 With Selection.Find

    .Text = "<[A-Z]{2,}"

    .Forward = True

    .Wrap = wdFindContinue

    .MatchWildcards = True

    .Replacement.Text = ""

    .Replacement.Highlight = True         'False to remove highlights.

    .Execute Replace:=wdReplaceAll

 End With
End Sub

Jika menggunakan versi pita, pastikan untuk menyimpan buku kerja sebagai file berkemampuan makro atau prosedur tidak akan berjalan. Jika menggunakan versi menu, maka bisa melewati langkah ini.

Untuk menambahkan prosedur, tekan Alt + F11 untuk membuka Editor Visual Basic. Di Project Explorer di sebelah kiri, pilih ThisWorkbook sehingga bisa menjalankan prosedur di lembar mana pun.

Anda dapat memasukkan kode secara manual atau mengimpor file .cls yang dapat diunduh. Selain itu, makro ada dalam file .docm dan .doc yang dapat diunduh. Jika memasukkan kode secara manual, jangan tempel dari halaman web ini. Alih-alih, salin kode ke editor teks lalu tempel kode itu ke modul ThisWorkbook. Melakukannya akan menghapus semua karakter web hantu yang mungkin menyebabkan kesalahan.

Setelah memasukkan prosedur, untuk menggunakannya sebagai berikut:

  1. Klik tab Developers.
  2. Klik Macros di grup Code.
  3. Dalam dialog yang dihasilkan, pilih HighlightAcronyms(), dan klik Run.

Pada gambar barusan, akronim disorot secara permanen. Untuk menghapusnya, jalankan Sub HighlightAcronymsRemove(), yang ada di file demonstrasi. Dalam praktek ini, tidak memasukkannya ke dalam teks artikel, karena hanya satu pernyataan yang berubah. Bergantung pada bagaimana memanggil prosedur, bisa menggunakan satu prosedur dan meneruskan nilai True/False sebagai Boolean.

Referensi

TechRepublic – Diakses 2021: How to find acronyms in a Word document

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker