Cara Mengaktifkan Ekstensi .docx di Aplikasi Google Dokumen

Google Dokumen atau Google Docs adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan, yaitu Writely dan Spreadsheets. Layanan presentasi diluncurkan pada 17 September 2007 sedangkan layanan penyimpanan data untuk berkas apa pun (maksimum 1 GB per berkas) diluncurkan pada 13 Januari 2010. [wikipedia]

Sekarang, di aplikasi Google Dokumen pengguna bisa membuat file .docx secara langsung. Dengan fitur ini, selain bisa mengerjakan dokumen secara mobile, Anda juga tidak perlu lagi membuat dokumen .docx di Microsoft Word lalu mengekspornya ke Google Dokumen sebagai Dokumen Word.

Bagaimana pengguna dimungkinkan untuk membuat file .docx di aplikasi Google Dokumen? Caranya cukup sederhana.

Yang harus dilakukan ialah aplikasi Google Dokumen di instal di perangkat seluler Anda. Selanjutnya mengaktifkan dan pembuatan dokumen atau file .docx.

Cara Mengaktifkan File .docx di aplikasi Google Dokumen

  • Pada layar aplikasi Google Dokumen, ketuk tombol Baru (tombol + (plus) di sudut kanan bawah). Maka yang terlihat hanya memiliki dua pilihan: Pilih Template dan Dokumen Baru. Untuk pembaharuan terbaru dari aplikasi Google Dokumen, setelah tombol + (plus) di ketuk maka yang muncul adalah lembar kerja baru.
  • Untuk mengaktifkan fitur Buat file Word (.docx), ketuk tombol tiga garis horizontal yang ada di pojok kiri atas.
  • Seperti pada gambar diatas, pada layar Google Docs ketuk Settings, maka tampil layar Settings. Lalu pada bagian Create Word Files geser tombol untuk mengaktifkan fitur itu. Dan setelah itu Anda keluar dari pengaturan.
  • Berikutnya ketuk kembali tombol + (plus) dan muncul dua pilihan: New Word file dan New Docs file.
  • Untuk pembuatan dokumen .docx pilih New Word file. Dan dokumen pun secara otomatis disimpan dengan ekstensi .docx, sehingga tidak perlu lagi mengekspor file ke Microsoft Word untuk melakukannya.
  • Simpan lembar kerja word .docx yang nantinya berada atau tersimpan di Google Drive.
  • Ketuk tombol tiga titik yang berada di pojok kanan atas, pilih Share & Export. Silahkan pilih Save As untuk menyimpan atau yang lainnya.

Referensi

  
Back to top button