Cara Mengatasi Casing PC Nyetrum Saat Disentuh

Juga Pada Casing Elektronik Plat Besi

Agoaga.com – Kena setrum saat menyentuh casing komputer pasti pernah terjadi pada Anda. Mungkin tidak terlalu berbahaya, hanya rasa kejut seperti tersengat lebah saja.

Walau demikian, hal itu harus dihindari karena dapat menjadi ketakutan yang berlebihan terutama terhadap anak-anak. Lalu mengapa arus listik bisa mengaliri casing komputer? Kenapa ya?

Hal ini dikarenakan instalasi listrik di Indonesia, khususnya untuk rumahan kurang memperhatikan pentingnya fungsi kabel grounding. Efeknya arus listrik yang berlebih jadi kurang terkendali.

Mengatasi Casing PC tidak Nyetrum

1. Pakai Karpet Di Ruang Komputer
Tujuannya, agar kaki tidak langsung menyentuh lantai. Jika kaki menyentuh lantai, akan lebih mudah untuk tersengat saat bersentuhan dengan casing komputer.

2. Pakai Alas Kaki/ Sendal Jepit
Pakailah alas kaki seperti sendal jepit setiap kali memegang casing komputer. Supaya arus listrik yang ada di casing komputer tidak terasa sama sekali

Dan perlu diingat, bawah kedua cara diatas tidak berlaku pada arus yang lebih besar, misalnya ketika Anda memperbaiki kabel pada jaringan listrik di rumah Anda.

3. Membuat Grounding Sendiri
Supaya lebih aman adalah dengan cara membuat kabel grounding sendiri kedinding atau ke tanah. Dengan kabel grounding ini, maka arus listrik yang mengalir di casing komputer akan terbuang ke tembok atau ketanah. Karena dinding dan tanah sifatnya netral.

Cara Membuat Grounding

Membuat kabel grounding sangat mudah, kedua ujung kabel dikait ke dinding dan ke casing komputer.

  • Siapkan Kabel, Paku dan Palu. Kupas secukupnya pembungkus pada kedua ujung kabel dan sesuaikan jenis paku dengan dinding.
  • Kaitkan kedua ujung kabel. Satu ujung kabel dikaitkan ke kepala paku dan ujung satunya lagi kaitkan ke baut casing komputer tepatnya di baut tempat PSU terpasang.
  • Terakhir, tancapkan paku ke tembok.

Dengan cara ini, maka arus berlebih akan tersalurkan ke tembok yang sifatnya netral. Setelah itu coba cek dengan menyentuh casing komputer apakah masih nyetrum?

Cara ini juga berlaku pada alat elektronik lainnya, seperti kulkas, mesin cuci dan lainnya. Namun jika melakukan grounding satu persatu pada alat elektronik tersebut, pastinya akan melukai banyak dinding rumah.

Ada cara yang lebih baik dan cukup serius, yaitu membuat grounding langsung dari Stop Kontak listrik atau juga membuat grounding langsung dari meteran listrik rumah. Dan untuk cara ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang mengetahui tentang kelistrikan.

 

Sebenarnya cara ini sebaiknya dilakukan pada saat mendirikan bangunan sebuah rumah.

Tags
  

Related Articles

Back to top button
Close