Cara Mengetahui Kualitas Ponsel Asli atau Palsu

Sekarang ini, memiliki ponsel sudah menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Tidak semua orang paham akan kualitas ponsel asli atau palsu. Sudah banyak beredar ponsel palsu yang kita kenal dengan sebutan KW atau Super Copy.

Untuk mengetahui keaslian suatu ponsel tidak cukup dengan melihat dari sisi fisik luarnya saja. Nah, untuk mengetahui keaslian suatu ponsel, simak berikut ini;

Periksa Kualitas Ponsel dari Bentuknya

1. Harga ponsel yang mahal pastinya berbahan dengan kualitas tinggi. Lakukan perbandingan dari segi bentuk ponsel yang akan dibeli dengan milik ponsel anda sebelumnya atau ponsel lain yang ada, kemudian temukan perbedaan pada bentuknya.

Walaupun terlihat sama persis ponsel mahal tersebut dengan ponsel yang ada sebelumnya, bukan berarti ponsel itu terjamin keasliannya.

2. Cari informasi lanjut dari situs ponsel tersebut untuk mengetahui bahan yang digunakan dalam pembuatan ponsel dan memastikan ponsel tersebut asli.

Misalnya, jika Anda ingin memeriksa keaslian ponsel Samsung, kunjungi situs Samsung. Di situs tersebut, tertera bahwa layar ponsel Samsung dibuat dari kaca. Jika layar ponsel Anda terbuat dari plastik, ponsel tersebut jelas bukan ponsel asli.

Periksa Perangkat Lunak dan Spesifikasi Lain

1. Periksa spesifikasi pada bagian belakang kotak ponsel, lalu bukalah menu Settings > About Phone untuk mencocokkannya dengan ponsel. Jika spesifikasi ponsel tidak cocok dengan kotaknya, besar kemungkinan ponsel tersebut merupakan ponsel palsu.

Jika kotak ponsel hilang, periksa spesifikasi ponsel di GSMArena.com atau situs resmi pabrik ponsel.

2. Periksa spesifikasi ponsel dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh dari Google Play, misalnya Antutu Benchmark. Aplikasi dengan logo Android berwarna merah dan berlatar api ini akan menguji kecepatan ponsel dan menampilkan spesifikasi serta nama ponsel di akhir prosesnya.

Jika Antutu menampilkan merek ponsel yang berbeda, ponsel tersebut mungkin tidaklah asli.

3. Periksa perangkat lunak ponsel jika Anda ingin menguji keaslian iPhone. iPhone palsu tidak mendukung Java dan menggunakan Android sebagai sistem operasinya. iPhone palsu tidak mungkin menggunakan iOS karena iOS hanya dapat digunakan oleh perangkat Apple.

  • Ingatlah bahwa iPhone menggunakan iTunes App Store, alih-alih Google Play.
  • iPhone dapat dihubungkan ke iTunes, dan Anda hafrus memiliki akun iCloud untuk melakukan sinkronisasi data ponsel.

Periksa IMEI dan Nomor Seri Ponsel

1. Periksa nomor seri ponsel dan cocokkan di situs resmi Apple jika Anda ingin memeriksa keaslian iPhone.

  • Masuklah ke menu Settings > General > About phone untuk mengetahui nomor seri iPhone.
  • Setelah mendapat nomor seri, kunjungi https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do dan masukkan noomr seri iPhone Anda di kolom yang tersedia. Halaman tersebut akan menampilkan sisa garansi iPhone.
  • Jika halaman tersebut menampilkan We’re sorry, but this serial number is not valid. Please check your information and try again, iPhone Anda bisa jadi palsu.

2. Periksa nomor IMEI ponsel jika Anda ingin memeriksa keaslian ponsel Android atau ponsel dengan sistem operasi lain. Nomor tersbeut dapat ditemukan di bagian belakang ponsel, atau di menu Settings > About > Status.

  • Anda juga dapat mengetahui nomor IMEI dengan menekan *#06#.
  • Setelah mengetahui nomor IMEI ponsel, kunjungi http://imei.info dan masukkan nomor IMEI tersebut. Setelah itu, klik CHECK.
  • Situs tersebut akan mencocokkan informasi IMEI Anda. Jika model ponsel yang tertera berbeda dengan model ponsel Anda, ponsel tersebut mungkin tidaklah asli.

Tags

Recommended