Cara Menggunakan AirPods Apple di Ponsel Android

Pengguna ponsel Android punya banyak pilihan dalam hal earbud nirkabel. Google Pixel Buds 2 dan Samsung Galaxy Buds terbaru (saat ini Buds Live) hanyalah beberapa contoh earbud nirkabel bisa di integrasi dengan Android.

Jika beralih dari ponsel iPhone ke Android, lalu bagaimana AirPods bisa digunakan pada ponsel Android?

Agar AirPods bisa dinikmati di ponsel Android, maka ada usaha ekstra dibanding menggunakan iPhone. Saat mempairing AirPods ke ponsel Android, tentu saja Anda tidak mendapatkan metode istimewa Apple, yang hanya perlu membuka casing dan menunggu prompt muncul.

Sebagai gantinya, pemilik smartphone Android perlu masuk ke pengaturan Bluetooh agar bisa memasangkan AirPods ke perangkat. Nah, berikut ini cara menggunakan airpods sebagaimana dikutip agoaga.com dari Cnet, Senin (15/2/2020).

  1. Gesek layar dari atas ke bawah untuk membuka panel pengaturan cepat, lalu tekan lama ikon Bluetooth.
  2. Tergantung pada ponsel, Anda mungkin harus memilih Add new device/ Tambah alat baru atau Pasangkan alat baru/ Pair new device.
  3. Dengan AirPods atau AirPods Pro di dalam wadah pengisi daya, maka buka penutupnya.
  4. Di bagian belakang casing ada tombol kecil. Press and hold it/ Tekan dan tahan sampai lampu indikator mulai berkedip putih. Jika Anda memiliki AirPods Max, Anda harus mengeluarkannya dari smart case lalu menahan tombol kontrol kebisingan hingga lampu indikator di bagian bawah ear cup kanan berkedip putih.
  5. AirPods akan muncul di menu pemasangan pada ponsel Android. Pilih dan ikuti semua petunjuk di ponsel Anda.

Dengan AirPods yang terhubung ke ponsel Android, Anda dapat menggunakannya seperti headphone atau earbud Bluetooth lainnya. AirPods akan terhubung secara otomatis saat dikeluarkan dari casing dan memutuskan sambungan ketika dikembalikan ke casing. Meski pemilik smartphone Android dapat menggunakan AirPods di ponsel mereka, ada beberapa fitur yang hilang. Biasanya, jika tidak menggunakan AirPods dengan iPhone atau produk Apple lainnya, Anda tak dapat mengakses setiap fitur.

Setiap fitur tidak dapat diakses ketika memasangkan AirPods ke Android, yakni jeda otomatis dan lanjutan saat AirPods dilepas-pasang pada telinga. Namun, ada aplikasi pihak ketiga AirBattery mengklaim mendukung jeda otomatis sebagai fitur beta. Hanya saja fitur ini bisa digunakan saat memutar musik dari Spotify. Selain itu, dengan AirPods, pengguna Android juga tidak dapat memicu Google Assistant, layaknya yang dapat dilakukan pengguna iPhone. Pasalnya, Apple memprogram earbud-nya untuk bekerja dengan asisten suaranya sendiri, dan bukan pada sistem operasi lain.

Selamat mencoba ya…

  
Back to top button