Cara Menggunakan Google Pay

Google Pay adalah dompet digital dan sistem pembayaran online yang dikembangkan oleh Google untuk kemudahan melakukan pembelian.

Menyiapkan Google Pay untuk digunakan;

Yang Perlu Dipersiapkan untuk Google Pay

Yang diperlukan; kartu debit/kredit atau akun PayPal, akun Google, dan perangkat Google Pay yang didukung (ponsel Android yang tidak di-rooting menggunakan KitKat 4.4 dan lebih baru, jam tangan Wear OS, atau komputer desktop/laptop). Perangkat iOS juga bisa digunakan, meskipun hanya dapat menggunakan akun tersebut untuk membayar secara online, bukan di toko.

Menambahkan Akun Pembayaran di Google Play

Jika Anda hanya berencana menggunakan Google Pay online untuk membayar, misalnya; film atau aplikasi Google Play, siapkanlah akun dari aplikasi Google Play. Cukup ketuk ikon menu (tiga garis sejajar) di sudut kiri atas, dan pilih “Payment methods”. Di sinilah dapat menambahkan akun PayPal, kartu kredit, atau akun debit, yang akan digunakan Google Pay setiap kali melakukan pembelian seperti aplikasi langsung melalui Google. Kemudian, dimungkinkan untuk menambahkan beberapa akun.

Jika ingin mengubah atau menghapus metode pembayaran, misalnya, kartu kredit yang tidak Anda gunakan lagi. Cukup buka halaman “Payment methods” yang sama, dan ketuk “More payment settings” di bagian bawah halaman. Akan terlihat daftar metode pembayaran yang ada, dengan tombol “Remove” atau “Edit” di bagian bawah masing-masing.

Di sisi lain, jika berencana menggunakan Google Pay di ponsel untuk melakukan pembayaran di toko, harus menggunakan aplikasi Google Pay.

  • Unduh aplikasi Google Pay dari Play Store. Jika memiliki lebih dari satu akun Google, akan muncul pertanyaan akun mana yang ingin digunakan.
  • Setuju dengan persyaratan layanan Google Pay dan kebijakan privasi Google. (klik link untuk mengetahui lebih lanjut.) Jika tidak, klik “Get started”.
  • Tambahkan metode pembayaran dengan mengetuk “Set it up. Dan akan menuju ke layar “Choose a card”; jika sudah mendaftarkan kartu atau akun PayPal dengan Google (melalui metode di atas), itu akan dicantumkan. Jika tidak, lakukan menambahkan metode pembayaran saat ini.

Catatan: PayPal tidak dapat ditambahkan ke akun Google Pay melalui aplikasi Google Pay. Dapat ditambahkan melalui halaman web atau melalui aplikasi Google Play. Setelah Anda melakukannya, akun PayPal Anda akan muncul sebagai metode pembayaran di aplikasi Google Pay itu sendiri.

Dari layar utama, dapat mengirim uang menggunakan Google Pay, menonton video tentang metode keamanan yang terlibat, dan melihat aktivitas pembayaran terbaru.

Jika mau, dapat juga mengelola akun di web dengan membuka halaman akun Google Pay.

Kapan dan dimana Google Pay Digunakan

Di dunia nyata, Google Pay dapat digunakan di mana saja pada terminal kartu kredit dengan simbol di atas. Dari sana, yang perlu dilakukan hanyalah memindahkan ponsel ke titik kontak terminal, lalu menunggu tanda centang biru untuk menunjukkan bahwa info akun Google Pay Anda telah diterima.

Jika tidak bisa membayar melalui iPhone, maka dengan Google Pay?

Saat ini, hanya ada satu solusi untuk menggunakan Google Pay dengan iPhone, dan ini memerlukan jam tangan Wear OS yang disandingkan dan didukung dengan chip NFC. Jika tidak, maka hanya dapat mengirim dan menerima pembayaran di antara pengguna Google Pay.

Bagaimana keamanan Google Pay?

Jika khawatir pedagang memiliki nomor kartu kredit Anda saat mengetuk untuk membayar, berikut cara Google melindungi info Anda: nomor terenkripsi sementara dibagikan dengan pedagang, bukan nomor sebenarnya.

Jika kehilangan ponsel, Pengelola Perangkat Android dapat diakses dari komputer mana pun dengan akun Google Anda. Dari sana, Anda dapat mengunci, mencari, atau menghapus ponsel dan semua kontennya dari jarak jauh.

  
Back to top button