Cara Menggunakan Kamera GoPro sebagai Webcam: Zoom dan Lainnya

Saat kita bekerja dan bersosialisasi dari rumah. Mungkin sudah waktunya meningkatkan kamera web untuk memastikan Anda tampil terbaik saat webinar ataupun saat bertemu secara virtual dengan rekan kerja dan teman, baik itu mengubah latar belakang Zoom atau mengaktifkan filter kecantikan.

Pemutakhiran perangkat lunak kamera GoPro akan mengubahnya menjadi sebuah webcam yang kompatibel dengan Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, dan hampir semua layanan obrolan video.

Yang dibutuhkan untuk mengubah GoPro menjadi webcam

Sebuah kamera GoPro Hero8 atau kamera GoPro Hero9 versi terbaru dari kamera kokoh yang populer, yang keluar masing-masing pada tahun 2019 dan 2020.

Untuk penyiapan awal, diperlukan kartu microSD dan pembaca kartu untuk memperbarui kamera.

Trik ini hanya berfungsi untuk pengguna Mac sekarang, meskipun versi Windows sedang dalam pengembangan.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mengubah GoPro menjadi Webcam

Berikut ini langkah-langkah cara mengubah kamera Hero8 menjadi webcam, menurut GoPro. Seperti yang dikutip dari CNET.

Langkah 1: Perbarui kamera GoPro

  1. Unduh Firmware GoPro Webcam Beta ke komputer. (Unduhan ini berisi folder pembaruan yang akan memperbarui kamera untuk mendukung fitur webcam.)
  2. Masukkan kartu microSD kamera ke komputer menggunakan adaptor kartu microSD atau pembaca USB.
  3. Transfer file pembaruan ke kartu microSD. Untuk melakukan ini, open a new Finder window dan pilih Downloads di sebelah kiri untuk menemukan file UPDATE.zip. Klik dua kali file UPDATE.zip, yang akan membuat folder UPDATE.
  4. Di bagian Perangkat pada bar samping, cari kartu microSD, yang akan terdaftar sebagai Tanpa Judul. Seret folder UPDATE ke kartu microSD.
  5. Keluarkan kartu microSD dengan memilih ikon keluarkan.
  6. Perbarui kamera dan pastikan kondisi kamera dimatikan. Masukkan kartu microSD, dan hidupkan. Kamera akan mulai memperbarui secara otomatis, berbunyi bip dan mati sendiri beberapa kali. Setelah selesai, maka terlihat tanda centang di layar depan. (Jika isi pesan mengatakan pembaruan gagal, keluarkan dan masukkan kembali baterai, mulai lagi pembaruan dari awal.)

Langkah 2: Instal aplikasi GoPro Webcam, dan hubungkan kamera

  1. Download GoPro Webcam Desktop Utility, dan instal di komputer. Di bilah Status, akan terlihat ikon GoPro.
  2. Nyalakan kamera, dan hubungkan ke komputer dengan kabel USB. Di bilah Status, akan melihat ikon GoPro menampilkan titik biru, yang berarti telah berhasil tersambung. Anda juga akan melihat kamera masuk ke mode USB, dengan lampu merah dan gambar kabel USB muncul di layarnya.

Langkah 3: Pratinjau Webcam

Untuk mendapatkan pratinjau tentang seperti apa pengaturan webcam, klik ikon GoPro di bilah Status, dan klik Show Preview. Ini akan membantu memastikan bidikan terlihat bagus sebelum memulai webcamming. Dimungkinkan juga beralih antara mode cermin dan mode balik, tergantung mana yang disukai.

Langkah 4: Luncurkan GoPro Webcam

Buka layanan obrolan video yang ingin digunakan. Perangkat lunak webcam GoPro kompatibel dengan Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, Skype, Twitch, BlueJeans, GoTo Meeting, Snap Camera, dan Facebook Rooms. Kemudian juga kompatibel dengan YouTube Live dan Webex dengan menggunakan browser Google Chrome.

Saat membuka layanan obrolan video, pilih GoPro sebagai kamera pilihan. Itu mungkin opsi saat pertama kali masuk, atau harus ke Pengaturan untuk melakukannya. Misalnya, dalam Zoom, buka ikon Mulai Video di bagian bawah layar, klik panah atas, dan pilih GoPro Camera. Jika tidak langsung melihat opsi kamera GoPro, keluar saja dulu dan mulai ulang aplikasi obrolan video.

Setelah webcam berjalan, di bilah Status, ikon GoPro akan menampilkan titik merah untuk menunjukkan bahwa itu aktif.

Langkah 5: Sempurnakan Pengaturan Webcam

Sekarang kamera web aktif dan berjalan, dan silahkan membuat penyesuaian.

Resolusi: Untuk mengubah resolusi, klik ikon GoPro di bilah Status, dan pilih Preferences. Ubahlah sesuai keinginan.

Bidang pandang: Untuk menyesuaikan bidang pandang, maka dapat mengubah ke lensa digital yang berbeda. Klik ikon GoPro di bilah Status, dan pilih Digital Lens. Pilih dari lensa lebar, sempit, atau linier.

Selamat mencoba…

  
Back to top button