Cara Menghapus Paksa File atau Folder di Windows 10

Menghapus file atau folder yang dilakukan secara paksa, bisa jadi dikarenakan suatu file atau folder diserang virus. Hal lain, karena file sedangkan digunakan, atau dikarenakan permission yang kuat pada file atau folder tersebut.

Penyebab lain, mungkin karena Windows yang digunakan punya beberapa user account sehingga perlu dialihkan ke administrator account. Selain itu juga komputer yang berada dalam satu jaringan LAN, dimana file yang dimaksud sedang digunakan oleh komputer yang berbeda.

Cara Menghapus Paksa File atau Folder di Windows 10

Melalui Command Prompt (CMD)

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah del /p /f "lokasi folder atau file\nama file". Gantikan path sesuai dengan lokasi file. Parameter /p berfungsi untuk memberikan konfirmasi, dan /f untuk force delete (menghapus secara paksa).
  3. Ketika muncul pesan konfirmasi, ketik y untuk melanjutkan proses.

Menggunakan PowerShell

  • Buka PowerShell as Administrator.
  • Kemudian ketikan perintah Remove-Item –path 'lokasi file\nama file' -force. Gantikan path file sesuai dengan lokasi file. Penggunaan parameter -force digunakan untuk menghapus file secara paksa.
  • Berbeda dengan Command Prompt, tidak akan keluar output apapun. Dengan kata lain, tidak akan ada konfirmasi penghapusan terhadap file.

Melalui Safe Mode

Cara masuk ke dalam Safe Mode adalah dengan menekan tombol F8 atau F5 (berdasarkan tipe laptop) terus menerus pada saat restart Windows. Setelah berada dalam tampilan Safe Mode, silahkan untuk hapus file atau folder. Untuk diketahui, menjalankan Windows dalam tampilan Safe Mode akan menghemat penggunaan RAM, Service, Internet, Software dan lainnya.

Menghentikan Program yang Running

File atau folder yang sedang digunakan tidak akan bisa dihapus. Maka itu harus dihentikan dengan cara menonaktifkan melalui Task Manager, klik kanan pada Taskbar pilih Taks Manager. Maka akan muncul program yang sedang berjalan. Pilih End Task pada program yang sedang running tersebut. Kembali pada file yang ingin dihapus kemudian delete.

Referensi:

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker