Cara Menghapus Permanen Data Hard Drive

Sebelum komputer milik anda akan dijual atau diberikan ke orang lain, menghapus semua data pribadi yang ada di harddisk sangatlah penting.

Jika menghapus data hanya dengan metode standar Windows, file tersebut sebenarnya tidak dihapus, melainkan hanya ditandai sebagai terhapus, dan menjadi tidak terlihat oleh sistem operasi. Sehingga Anda merasa itu sudah terhapus.

Data itu masih ada di harddisk dan baru saja ditimpa dengan waktu saat data baru ditambahkan. Ini dilakukan untuk menghemat waktu sehingga Anda tidak harus menunggu penghapusan yang sebenarnya

Bahkan jika harddisk di format atau hapus Windows dan menginstal lagi, data sepenuhnya belum dihapus dan dapat dipulihkan menggunakan alat pemulihan data seperti NTFS Undelete. Ketika anda akan memjual atau memberikan unit komputer ke orang lain, maka perlu menghapus data harddisk “Secara Permanen”.

Berikut cara menghapus atau menghancurkan secara permanen data harddisk;

Cara # 1: Menghapus Data Secara Manual Menggunakan File Shredder

Dengan cara seperti ini, menghapus dilakukan data secara permanen satu per satu. Metode ini cocok untuk menjaga kerahasiaan pribadi. Namun, tidak disarankan jika memiliki banyak data pribadi karena saat menghapus sangat dimungkinkan kehilangan beberapa data.

Untuk menghapus secara manual, dilakukan menggunakan alat yang bernama File Shredder. Alat ini merupakan salah satu alat penghancur file paling populer yang sangat mudah digunakan dan juga gratis.

Download dan install tool File Shredder ke Windows untuk melakukan penghapusan.

  • Ada dua opsi dasar untuk menghapus data, “Add File” dan “Add Folder“. Memilih “Add File” untuk memilih satu file seperti, video, gambar atau dokumen untuk dihapus secara permanen. Opsi “Add Folder” untuk menghapus folder dengan utuh.
  • Pilih file yang ingin di hapus dan itu akan ditambahkan ke antrian di File Shredder.
  • Sekarang untuk menghapus file secara permanen, klik “Shred Files Now..” dan itu akan dihapus.
  • Disebelah kiri window ada “Remove Selected” dan “Remove All“. Opsi ini hanya akan menghapus file dari antrian, bukan menghapusnya secara permanen.
  • Anda juga dapat menghapus file dan folder tanpa membuka tool File Shredder. Cukup klik kanan pada File atau folder yang diinginkan dan pilih “File shredder“.
  • Dari menu samping klik “Secure delete files” kemudian muncul sebuah prompt.
  • “Are you sure to shred selected file(s)?” dan klik “OK” lalu file akan dihapus secara permanen.
  • Saat memilih file, harap periksa kembali apakah benar ingin menghapus file yang ditentukan. Sebab file yang telah dihapus tidak mungkin untuk dipulihkan kembali.
  • Ada fitur keren lainnya dari File Shredder. Jika sebelumnya anda menghapus data metode standar Windows, maka data yang terhapus tidak dapat dideteksi lagi. Dan File Shredder dengan fiturnya itu dapat melakukannya untuk Anda.
  • Untuk menghapus file yang telah dihapus sebelumnya secara permanen, buka “File Shredder” dan klik “Shred Free Disk Space” dan ikuti instruksi untuk menghapus semua file sebelumnya secara permanen.

Cara # 2: Bersihkan Harddisk Drive dengan Lengkap Menggunakan DBAN

DBAN singkatan Darik’s Boot and Nuke dibuat oleh Blancco. Tool ini akan menulis ulang data pada hard drive dengan angka Pseudorandom untuk membuatnya tidak mungkin untuk memulihkan data yang dihapus kembali lagi. DBAN sepenuhnya gratis untuk digunakan walaupun dukungan untuk perangkat lunak ini agak terbatas, Anda harus membeli softwarenya untuk semua fitur tambahannya.

Bagi pengguna SSD: Pada dasarnya Drive SSD memiliki sel memori redundansi ekstra yang tidak dapat diakses oleh sistem operasi atau aplikasi. Tool atau alat yang dapat menghapus data di SSD, seperti WipeDrive. Alat ini dirancang untuk menghapus bahkan penyimpanan tersembunyi SSD yang mungkin masih berisi data.

Anda perlu mengunduh tool atau alat ini, lalu membuat salinannya baik di DVD atau USB atau lainnya. Restart komputer saat DVD/USB dimasukkan.

Setelah itu, ikuti beberapa instruksi sederhana untuk menghapus semua yang ada di harddisk (proses mungkin memakan waktu beberapa jam).

Ketika semuanya sudah terhapus, instal ulang Windows lagi atau silahkan berikan harddisk anda ke orang lain tanpa harus khawatir akan data anda.

Cara # 3: Menghancurkan Harddisk Drive secara Fisik

Cara ini dengan merusak fisik harddisk, akan tetapi menjadi alternatif dalam beberapa situasi. Apalagi bagi Anda tidak ingin melalui proses panjang melakukan penghapusan dan harddisk tidak dipergunakan lagi.

Bisa dengan menggiling, peleburan, pembakaran dan disintegrasi yang tentunya memerlukan peralatan tambahan untuk melakukannya. Pastikan piringan hard drive dihancurkan dengan benar. Atau jika Anda malas melakukannya cukup dengan menguburkannya dalam ditanah tanpa diketahui orang lain.

Untuk SSD, yang dihancurkan yakni pada chip memori dan memastikan semua data tidak dapat dipulihkan. Semua data disimpan pada chip memori dan tidak ada Platter seperti di Hard drive.

Itulah 3 cara untuk menghapus permanen data yang ada di hard drive.

  
Back to top button