Cara Mengubah File Sistem FAT32 jadi NTFS tanpa Kehilangan Data

FAT32 merupakan jenis file sistem yang diperkenalkan ketika Microsoft merilis Windows 95 OEM Service Release 2 (Windows 95 OSR2). Keterbatasan yang dimiliki yakni hanya mendukung partisi hingga ukuran 32GB saja.

Keterbatasan lainnya, akan memunculkan pesan “The file is too large for the destination file system” jika melakukan transfer ke FAT32 lebih dari 4GB.

Sedangkan NTFS (New Technology File System) merupakan file system dalam keluarga sistem operasi Windows NT, terdiri dari; Windows NT 3.x (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua service pack miliknya), Windows NT 5.x (Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003), serta Windows NT 6.x (Windows Vista, Windows 7).

File sistem NTFS ini memiliki desain yang sederhana tetapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga file system FAT.

Hadirnya file sistem NTFS yang lebih reliable ketimbang FAT32, maka anda dianjurkan untuk berganti file sistem dari FAT32 ke NTFS. Tentunya di Windows, Anda dapat melakukan pergantian file sistem dengan mudah dan tanpa kehilangan data.

Mengubah atau Convert FAT32 ke NTFS tanpa Kehilangan Data

  • Buka Command Prompt as Administrator.
  • Ketikan perintah convert G: /fs:ntfs. Gantikanlah G: dengan letter drive dari partisi yang diinginkan.
  • Selanjutnya anda akan ditanyai mengenai nama dari partisi tersebut, masukan dan tekan Enter untuk memulai proses perpindahan. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Kemudian metelah proses selesai, maka anda akan mendapati tipe file sistem yang sudah berubah dari FAT32 ke NTFS, serta data didalamnya yang masih utuh.

  
Back to top button