Cara Mengubah Nama Kategori yang Benar di WordPress

Seberapa perlukah mengubah nama kategori di situs WordPress? Saat website mulai berkembang pesat, mungkin dari sisi Anda perlu mengubah nama beberapa kategori atau bahkan menggabungkannya dengan kategori lain.

Pembahasan ini terkait bagaimana cara mengubah atau mengganti nama kategori yang benar di WordPress tanpa mempengaruhi strategi SEO website itu sendiri.

Cara Mengubah Nama Kategori yang benar

Akses ke dasbor website WordPress, pergi ke menu Posts » Categories. Di halaman ini, silahkan kelola kategori, mengedit atau menghapus kategori yang tidak diinginkan lagi.

Untuk mengubah nama kategori ada dua cara, yakni Edit dan Quick Edit. Keduanya muncul ketika kursor diarahkan ke nama kategori.

Cara pertama. Mengubah nama kategori dibagian ini juga dimungkinkan untuk mengubah atau menambah slug, dan deskripsi. Klik ‘Edit‘ di bawah kategori yang ingin diubah namanya.

Selain itu edit kategori di halaman ini juga memungkinkan memilih ‘Parent Category‘.

Cara kedua adalah mengklik tautan ‘Quick Edit‘ di bawah kategori yang ingin Anda ganti namanya.

Metabox Quick Edit sekarang akan ditampilkan sehingga dapat dengan cepat mengubah nama kategori serta slug kategori, yang menentukan URL halaman kategori tersebut. Misalnya, jika slug adalah ‘tutorials’, maka URL halaman kategorinya adalah:

https://www.example.com/category/tutorials

Mengubah Category Prefix

Disini bisa dilakukan mengubah /category/ dibagian Category base. Untuk mengubahnya, buka Settings » Permalinks dan gulir ke bawah dibagian ‘Optional‘. Disitulah untuk mengubah Category base dan Tag base.

Basis kategori default adalah ‘category’. Dan bisa mengubahnya sesuai keinginan, contoh ‘kanal’.

Mengubah URL dari http://www.example.com/category/your-category-slug/ menjadi http://www.example.com/kanal/your-category-slug/.

Penggabungan dan Pengeditan Massal Kategori

Seiring pertumbuhan situs, mungkin perlu menyederhanakan struktur organisasi dan menggabungkan beberapa kategori menjadi satu. Ini berguna untuk kategori yang sangat mirip. Dengan melakukan penggabungan tersebut akan membuat situs WordPress menjadi lebih mudah dinavigasi. Pelajari “Cara Menggabungkan dan Edit Massal Kategori dan Tag di WordPress“.

Mengarahkan Pengguna ke URL Kategori Baru

Setelah mengubah slug kategori, maka URL ke halaman kategori telah berubah dan URL lama tidak akan berfungsi lagi. Sehingga ketika URL laman yang lama dikunjungi yang akan terlihat adalah pesan kesalahan “404 Halaman Tidak Ditemukan”.

Untuk menghindari hal tersebut, maka harus mengatur pengalihan dari URL lama ke yang baru. Untuk melakukan pelajari “Cara Mudah Melacak dan Redirect Error 404 di WordPress“.

Referensi

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker