Cara Mengunduh Foto dan Video dari Google Foto

Google telah membatasi penyimpanan gambar dan video di Google Foto jadi 15 GB yang sebelumnya tak terbatas. Dan itu sudah dilakukan mulai 1 Juni 2021.

Khusus pengguna ponsel Pixel, total penyimpanan tidak berkurang. Foto-foto itu menjadi terkompresi dengan berkualitas tinggi tapi bukan aslinya. Dan jika ingin mengambil banyak foto, maka akan dikenakan bayaran.

Alasan yang dikemukan Google ialah untuk mengimbangi permintaan penyimpanan yang terus meningkat serta membangun Google Foto untuk kedepannya.

Jika ingin pindah ke layanan penyimpanan lain atau hanya ingin menyimpannya ke drive komputer atau penyimpanan lokal lainnya, maka harus mengekspornya dari Google Foto terlebih dahulu. Begini caranya.

Mengunduh Foto dan Video dari Google Foto

Yang perlu diperhatikan, di Google Foto tidak bisa langsung mengunduh berkas foto atau video yang ada. Harus menggunakan alat ekspor Google.

Pertama-tama buka situs Google Takeout. Atau bisa juga membukanya di laman Google Foto; pilih Pengaturan, menggulir ke bawah ke “Ekspor Data“, dan Cadangkan arsip data klik “Pencadangan“.

1. Pilih data untuk disertakan

  • Pada laman Google Takeout, ada daftar panjang aplikasi Google. Pilihlah jika ingin mengunduh semuanya, biarkan saja dan jika tidak, maka klik “Batalkan pilihan semua” di bagian atas kotak centang.
  • Gulir ke bawah cari “Google Foto“.
  • Untuk tahu format apa yang akan diekspor, maka klik tombol “Beberapa format“.
  • Klik tombol “Semua album foto disertakan“, maka akan tampil sejumlah album. Tentukan apakah ingin ekspor semuanya atau tidak. Lalu klik Oke.
  • Gulir ke paling bawah dan klik “Langkah berikutnya

2. Pilih jenis file, frekuensi & tujuan

  • Dibagian “Metode pengiriman”, secara default ada pilihan Kirim link download melalui email dan jika diklik akan muncul beberapa pilihan lain; Tambahkan ke Drive, Dropbox, OneDrive atau Box.
  • Di “Frekuensi”, tentukan pilihan Ekspor satu kali atau Ekspor setiap 2 bulan selama 1 tahun
  • Kemudian menentukan “Jenis & ukuran file”; akan terkompresi .zip atau .tgz. dan besaran file yang diekspor. Misalnya, jika file yang diekspor lebih dari 2 GB, harus membaginya menjadi lebih dari satu file. File foto 39GB sehingga menghasilkan 19 file zip. Sebenarnya bisa meminta file hingga 50GB, tetapi Google menyatakan bahwa file terkompresi lebih dari 2GB akan dikirimkan dalam format Zip64.
  • Selanjutnya klik “Buat ekspor”.

Google akan memperingatkan, diperlukan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari agar data tersedia. Tentunya itu semua tergantung pada koneksi internet.

  
Back to top button