Cara Meningkatkan Performa Windows 10 jadi Lebih Cepat

Punya komputer (PC atau laptop) dengan performa cepat sudah hal yang wajar. Lalu bagaimana jika suatu komputer performanya lambat?

Untuk hal itu bisa saja karena komputer tersebut sudah usang atau tua, sehingga tak support lagi dengan software terkini. Dan komputer sudah layak diganti pada beberapa hardware atau bahkan dipensiunkan lalu ganti total.

Namun jika anda merasa komputer yang dimiliki sudah mumpuni dari segi hardware tapi masih saja kurang performanya, mungkin anda bisa mengikuti beberapa cara atau langkah yang sudah kami uji, seperti berikut ini;

Meningkatkan Performa Windows 10 jadi lebih Cepat

1. Matikan Visual Effects

Klik kanan pada shortcut This PC -> pilih Properties, tampil layar System. Pada bagian sebelah kiri pilih Advanced system settings -> pada tab Advanced klik tombol Settings… Dan muncul layar Performance Options, pada tab Visual Effects pilih Adjust for best performance -> klik Ok.

2. Disable Aplikasi yang Berjalan Otomatis

Klik kanan pada Taksbar -> pilih Task Manager.

Kemudian pilih tab Startup -> lalu pilih aplikasi yang tidak diperlukan berjalan otomatis, lalu klik tombol Disable. Biasanya hanya antivirus yang dibiarkan berjalan otomatis.

3. Matikan Background Apps

Buka Settings -> pilih Privacy. Pada layar Privacy pada bagian kiri, gulirkan kursor dan carilah Background Apps -> lalu pada bagian Let apps run in the background geser untuk mematikan/menghidupkan aplikasi yang berjalan dibalik background (Background Apps). Atau kamu bisa membuat opsional untuk aplikasi tertentu.

4. Matikan Transparency Effects

Pergi ke menu Setting Windows -> lalu pilih Personalization. Pada sebelah kiri pilih Color kemudian gulirkan kursor cari Transparency Effects. 

Geserkanlah tombol pada Transparency Effects untuk mematikan dan mengaktifkan fitur tersebut.

5. Uninstall Aplikasi yang tidak perlu

Hapuslah aplikasi yang tidak penting untuk menghemat disk penyimpanan.

Bukalah Setting -> pilih Apps -> pada Apps & Features, kemudian lakukan uninstall aplikasi yang diinginkan dengan cara klik pada aplikasi untuk memunculkan tombol Uninstall.

 

  
Back to top button