Cara Menonaktifkan Putar Otomatis (Autoplay) Video di Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi jejaring sosial yang fokus pada berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke akun Instagram lain dan ke berbagai layanan jejaring sosial.

Salah satu fitur unik yang dimiliki Instagram yaitu fitur yang dapat edit dan pemotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 atau 16:9 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak. [wikipedia]

Selain itu, Instagram juga punya fitur autoplay atau pemutar otomatis video yang secara default melakukan tugas otomatisnya setelah aplikasi Instagram terinstal pada ponsel pintar atau smartphone.

Tentunya anda sudah pada tahu cara kerja putar otomatis video ini. Sedikit dijelaskan lagi, disaat melakukan scrolling atau menggulirkan aktivitas pertemanan di Instagram, ketika diantaranya terdapat postingan video, maka secara otomatis video berputar.

Satu sisi ini sangat membantu, pengguna tidak perlu lagi menekan tombol play karena video terputar otomatis. Namun disisi lain dan bisa jadi paling penting, yaitu paket data jadi boros.

Lalu, bagaimana cara nonaktif fitur putar otomatis video itu?

Berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka aplikasi instagram pada smartphone, kemudian masuk ke bagian profil dengan klik ikon  Profil

2. Jika sudah berada di laman profil, klik ikon  pada pojok kanan atas.

3. Kemudian klik ikon Setting, lalu pilih Account 

4. Pada laman Account, pilihlah Cellular Data Use

5. Dan terakhir geser tombol Use Less Data. Maka autoplay video telah dinonaktifkan.

Sekarang video di Instagram anda hanya dapat dimainkan secara manual, yaitu dengan klik tombol play.

Selain itu, kamu dimungkinkan membuat video untuk Insta Stories dengan menggunakan aplikasi edit video android untuk instagram, atau menggunakan cara merotasi video di instagram, memotong video di Instagram.

Peringatan; bahwa dengan mengaktifkan fitur Use Less Data bukan hanya fungsi autoplay video saja yang terhenti, tetapi akan terlihat buram atau kabur. 

Agar foto terlihat sesuai dengan kualitas aslinya, kamu tinggal klik foto tersebut. Dan jika ingin unduh atau download, coba download dari story instagram.

Semoga bermanfaat.

Tags

Recommended