Cara Menutup Akses ke Registry Editor di Windows 10

Mungkin bagi sebagian pengguna yang telah lama memasangkan Windows sebagai sistem operasi ke perangkat komputernya, dapat dipastikan sudah mengenal apa itu Registry Editor .

Registry Editor atau Windows Registry merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna. [Wikipedia]

Selain itu, Registry editor merupakan fitur yang sangat penting pada sistem operasi Windows, sebab dapat mengatur segala sesuatu yang terkait dengan sistem software yang terinstall. Sehingga sangat diharuskan untuk terhindar dari kesalahan konfigurasi pada Registry Editor itu sendiri, karena tentu dapat menimbulkan masalah dan yang terpenting, bahwa Registry Editor bukan diperuntukkan kepada pengguna awam.

Maka di pembahasan kali ini, bagaimana cara menutup atau memblokir akses ke Registry Editor

Menutup atau Blokir Akses ke Registry Editor di Windows 10

  • Masuk ke Local Group Policy Editor, dengan cara tekan di keyboard tombol ikon Windows bersamaan dengan tombol R
  • Kemudian navigasikan ke User Configuration -> Administrative Templates -> System
  • Pilih opsi Enabled dan klik OK untuk menyimpan pengaturan. Dan selesai.

Setelah selesai, maka ketika akses ke Registry Editor, akan muncul pesan “Registry editing has been disabled by your administrator“.

Untuk mengembalikan ke semula, lakukan langkah yang sama seperti diatas, dan hanya mengganti opsi Enabled menjadi Not Configured.

Selamat mencoba dan tetap semangat…

  
Back to top button