Cara Menyusun Kabel Cross dan Straight pada Kabel UTP

Kabel Cross adalah jenis kombinasi kabel yang digunakan untuk koneksi peer to peer menghubungkan perangkat komputasi yang sejenis dengan secara langsung, misalnya dua komputer atau dua switch satu sama lain.

Sedangkan Kabel Straight merupakan jenis kombinasi kabel yang digunakan untuk koneksi antar perangkat berbeda jenis, seperti komputer ke switch, komputer ke hub/brigde, router ke switch, router ke bridge, dan sebagainya.

Kedua jenis susunan kabel tersebut hanya bisa diterapkan pada kabel jaringan jenis UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel UTP adalah jenis kabel jaringan yang menghubungkan perangkat komputer dan perangkat jaringan (hub dan switch) pada suatu Local Area Network (LAN). Kabel ini paling banyak digunakan karena harganya yang relatif murah.

Cara Menyusun Kabel Cross dan Straight berdasarkan warna kabel

1. Menyusun kabel berdasarkan urutan cross dan straight diperlukan beberapa alat, antara lain Kabel UTP sudah pasti tentunya, kemudian Tang Crimping dan RJ-15

2. Kemudian kupas kulit luar Kabel UTP, sehingga menjadi seperti pada gambar dibawah;

3. Kemudian luruskan masing-masing kabel warna, lalu susunlah menjadi Kabel Cross atau Straight seperti berikut dibawah ini;

Susunan Kabel Cross:

UJUNG KABEL 1 UJUNG KABEL 2
Putih-Orange Putih-Hijau
Orange Hijau
Putih-Hijau Putih-Orange
Biru Biru
Putih-Biru Putih-Biru
Hijau Orange
Putih-Coklat Putih–Coklat
Coklat Coklat

Susunan Kabel Straight:

Kedua ujung urutan kabel straight adalah sama;

Putih-Orange
Orange
Putih-Hijau
Biru
Putih-Biru
Hijau
Putih-Coklat
Coklat

4. Potong rata pada ujung susunan kabel, agar saat masuk ke RJ45 susunan kabel sama rata dan tidak ada kendala. Setelah susunan kabel dimasukkan ke konektor RJ45, gunakan Tang Crimping untuk menggepit agar susunan kabel terkunci di RJ45.

Demikian cara menyusun kabel cross dan straight pada Kabel UTP. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tags
  

Related Articles

Back to top button
Close