Cara Merawat Furniture Kayu dari Rayap dan Teter

Untuk menjaga furniture yang terbuat dari bahan kayu agar tidak dirusak hama rayap dan teter perlu dilakukan perawatan secara berkala.

1. Obat pembasmi teter

Obat pembasmi teter cukup mudah diperoleh. Caranya pun gampang, obat yang dicampur dengan air hanya disemprotkan atau dioleskan dengan kuas ke seluruh bagian kayu. Selain itu, obat pembasmi teter ini juga dapat digunakan untuk merendam kayu. Cara ini sangat bagus sebelum bahan kayu digunakan untuk membuat suatu funiture, pintu, kosen atau yang lainnya.

2. Bubuk anti rayap

Sedikit berbeda obat pembasmi teter, bubuk anti rayap tak perlu dicampur atau dilarutkan dengan air. Bubuk ini dapat langsung ditabur ke bahan kayu yang sudah berlubang oleh rayap atau teter. Karena bubuk ini nantinya akan dibawa larva rayap dan menularkannya pada larva didalam kayu.

3. Suntikkan pembasmi hama

Dengan cara menyuntikkan cairan pembasmi rayap langsung ke kayu. Cara ini biasanya dilakukan oleh pengrajin furniture. Hama perusak yang ada didalam kayu akan keluar dari kayu dengan sendirinya dan mati.

4. Bahan alami

Cara yang tidak memerlukan biaya banyak. Rendamkan puntung rokok dengan air garam. Pembasmian dapat dilakukan baik dengan cara disuntikan atau disemprot seluruh bagian kayu. Dengan air rendaman beras yang pertama. Cairan dari hasil blender campuran daun pepaya dan daun sirih. Lakukan penyemprotan ke seluruh bagian kayu.

Cara-cara diatas hanya bersifat sementara saja. Anda harus tetap melakukannya diatas dengan terjadwal, sehingga furniture atau bahan yang berbahan kayu terhindar dari kerusakan dini.

Tags

Recommended