Cara Nonaktif Fitur Shared Experience di Windows 10

Shared Experience pada Windows 10 merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan tautan web, pesan, data aplikasi, dan sebagainya dengan sesama PC Windows 10 lainnya atau ponsel Android yang ditautkan. Dengan fitur Shared Experience juga dimungkinkan untuk berbagi atau mentransfer file video, foto, dokumen dengan perangkat Windows 10 lainnya lewat Bluetooth dan Wi-Fi.

Bisa dikatakan fitur ini cukup membantu pengguna untuk saling berbagi sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan komputer Windows. Lalu, jika fitur ini tidak ingin gunakan, bagaimana cara menonaktikannya?

Nonaktif Shared Experience dari Setting

  1. Cari Setting di menu Start. Untuk pintasan keyboard dengan menekan Win + I.
  2. Kemudian pilih Sistem lalu Shared Experience. Pada panel kanan, geser tombol dibagian Share across device menjadi Off. Maka fitur Shared Experience sudah tidak aktif.

Cara Nonaktif Melalui Group Policy

Cara lain menonaktifkan fitur Shared Experience adalah melalui Local Group Policy Editor. Cara ini paling bagus dan berguna untuk administrator jaringan.

1. Pada Start ketikan gpedit.msc di pencarian, kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator untuk masuk ke Local Group Policy Editor dengan hak admin. Pada bagian Computer Configuration pilih Administrative Templates -> System -> Group Policy.

2. Di bagian panel kanan, carilah “Continue experiences on this device” dan klik dua. Ini merupakan kebijakan yang dapat keadaan Shared Experience di Windows.

3. Dan muncul form kebijakan, pilih opsi radio “Disable”, dan klik tombol “Apply” dan “Ok,” untuk menyimpan perubahan.

Restart Windows untuk melihat perubahaan. Atau dapat juga menjalan gpupdate /force untuk memaksa perubahan pada Shared Experience.

Jika yang dijalankan sesuai pada gambar, maka fitur Shared Experience sudah dinonaktifkan.

Tags

Recommended