Cara Percepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat

Meningkatkan kecepatan download di IDM (Internet Download Manager) sangat mungkin dilakukan.

Penulis kali ini mencoba untuk memberikan panduan caranya. Namun sebelum melakukannya, sudah bisa dipastikan untuk memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja IDM.

Memaksimalkan Kecepatan Koneksi Internet

Yang dilakukan IDM untuk mempercepat download adalah dengan memaksimalkan kecepatan koneksi internet yang sekaligus memaksimalkan jumlah koneksi yang bisa dilakukan ke server file yang dimaksud.

Hal pertama adalah melakukan optimasi kecepatan koneksi internet komputer yang mendownload.

Supaya kecepatan download IDM meningkat, maka harus memaksa IDM menggunakan semua kecepatan koneksi internet dalam proses download.

Buka IDM (Internet Download Manager) > Klik menu Downloads > Options > Connection > pada Connection Type / Speed, pilih High speed.

Maka IDM (Internet Download Manager) akan menggunakan kecepatan internet yang ada untuk mempercepat proses download.

Catatan:
Kelebihan: Proses download akan berlangsung lebih cepat, karena semua kecepatan internet akan diberdayakan untuk melakukan download.
Kekurangan: Ketika proses download berlangsung maka browsing terganggu. Ini disebabkan seluruh kecepatan internet dialokasikan untuk proses download.

Memaksimalkan Kinerja File Server

Berikutnya IDM memaksimalkan kinerja file server dengan cara berusaha melakukan koneksi sebanyak mungkin (Multiple File Stream) dan download file dalam beberapa bagian secara bersamaan.

Agar proses download berjalan lebih cepat, maka sebanyak mungkin jumlah koneksi ke server file harus dimaksimalkan terlebih dahulu.

Cara melakukannya seperti ini; di IDM (Internet Download Manager)> Klik menu Downloads > Options > Connection > pada Max Connections number, isikan 32 koneksi.

Dengan jumlah koneksi maksimal ke file server tersebut, kecepatan download yang lebih maksimal akan didapat.

Catatan
Kelebihan:
Proses download berlangsung lebih cepat, karena jumlah koneksi yang dilakukan ke file server dalam waktu yang bersamaan sangat banyak. Trik ini bakal bekerja sangat baik terutama di file server yang memiliki spesifikasi dan performa yang bagus.
Kekurangan: Beberapa server tempat file dituju membatasi jumlah koneksi maksimal bagi sebuah PC untuk melakukan download. Bahkan terkadang server melakukan blacklist IP untuk mencegah agar PC tersebut tidak menghabiskan banyak resource server. Jika server tujuan download sering memutus koneksi saat download dengan jumlah setting koneksi 32, kamu bisa menguranginya hinnga 16 atau 8. Kemudian lakukan test.

  
Back to top button