Cara Pindahkan Folder Documents dan lainnya Drive C ke Drive lain Windows 10

Saat install sistem operasi Windows, maka anda akan diarahkan membuat driver sebagai tempat menyimpan file sistem operasi dan data atau dokumen lainnya.

Terutama untuk yang kapasitas penyimpanan file-file sistem operasi atau yang biasa disebut Drive C: harus sesuai atau bahkan lebih besar dari spesifikasi yang ditentukan oleh versi dari Windows tersebut. Dan sisanya dipakai untuk penyimpanan data atau dokumen lainnya, biasanya disebut Drive D: dan sebagainya.

Setelah Windows terinstall ada beberapa folder yang terdapat di Drive C: untuk menyimpan data-data foto, ketikan, video dan lain-lain, dan masing-masing folder tersebut secara default dengan nama folder Documents, Downloads, Music, Pictures dan Videos.

Mungkin terkadang secara tidak sengaja data-data akan tersimpan di folder-folder tersebut, dan jika dibiarkan Drive C: akan penuh, sementara Drive C: hanya diperuntukkan penyimpanan file-file sistem operasi.

Lalu bagaimana memindahkan folder-folder tersebut dari Drive C: ? Uji coba dilakukan menggunakan Windows 10 Simak langkah-langkah berikut ini;

1. Buka File Explorer dengan cara tekan tombol Start + E atau klik kanan pada Start di Taskbar lalu pilih File Explorer atau juga double klik pada This PC yang ada pada Desktop

2. Contohnya folder Documents akan dipindah ke Drive D:. Pada File Explorer klik kanan folder Documents pilih Properties -> pada layar Documents Properties pilih tab Location -> kemudian klik tombol Move

3. Setelah diklik tombol Move maka muncul layar Select a Destination. Dan pilih Driver tujuan diluar dari Driver C:, contohnya yang digunakan penulis pada Driver D:.

Nah, sekarang beban penyimpanan file luar seperti hasil ketikan, rekaman video, gambar/foto ada di Drive D:, dan Driver C; mutlak hanya untuk file-file sistem operasi.

Demikian cara pindahkan folder Documents dan lainnya Drive C: ke D di Windows 10. Selamat mencoba!!

  
Back to top button