Cara Restart Graphics Card Driver di Windows 10

Untuk mengatasi masalah berkaitan grafis atau display yang terjadi akibat gangguan pada graphics card driver (driver kartu grafis) Driver. Gangguan itu mungkin kerana driver corrupt ataupun driver dianggap sudah usang. Maka cara-cara berikut bisa dilakukan pada perangkat komputer Anda.

Restart Driver Graphics Card (Kartu Grafis) di Windows 10

Pintasan Keyboard (Keyboard Shortcut)

Mulai versi Windows 8, pintasan keyboard (keyboard shortcut) untuk restart (mengulang kembali) restart driver kartu grafis sudah diberlakukan Windows.

Cara ini disebut restart cepat driver kartu grafis. Pada keyboard komputer, tekan kombinasi tombol Win + Ctrl + Shift + B sehingga layar akan berkedip, berubah tampilkan menjadi hitam dan juga terdengar bunyi ‘beep’.

Cara ini terbilang sangat mudah dan aman, karena sistem melakukan restart hanya kepada driver kartu grafis. Jadi tidak akan menghilangkan semua pengaturan pada layar monitor.

Baca: Daftar Perintah Run Windows untuk Diketahui

Device Manager

Jika cara di atas tidak memperbaiki masalah yang terjadi, kemungkinan driver tersebut telah corrupt atau driver sudah usang dan tidak kompatibel lagi dengan update Windows terbaru. Cara ini dilakukan melalui Device Manager

  • Buka Device Manager, kemudian cari dan klik dua kali pada Display adapters > klik kanan pada nama driver kartu grafis.
  • Pilih Uninstall device dan setelah itu restart Windows. Maka Windows akan menginstal kembali secara otomatis driver yang diperlukan melalui sistem Windows Update.

Pada situasi dimana Windows tidak menginstal driver yang diperlukan, maka dapat dilakukan menginstal driver secara manual melalui opsi Update driver.

Referensi

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker