Cara Setop Sharing Folder di Windows 10

Sharing Folder adalah berbagi folder tertentu pada suatu komputer yang sengaja dibuat untuk dapat diakses bersama didalam suatu jaringan Local Area Network (LAN).

Terkadang pengguna tidak tahu folder apa saja dan berapa banyak yang di sharing. Nah, untuk menyetop atau menghentikan sharing folder yang berjalan di Windows 10, maka akan di bahas beberapa caranya:

Menghentikan Sharing Folder Melalui Computer Management

1. Buka Computer Management melalui Win+R ketikkan compmgmt.msc atau ketikan ‘computer management’ di search atau start menu.

2. Selanjutnya, pilih opsi Shared Folders yang di panel kiri, kemudian klik Shares.

Setelah Shares di klik maka akan tampilkan folder dan direktori mana yang dibagikan dengan user dan jaringan Windows 10. Untuk Remote Admin dan Default share seperti yang ada di deskripsi, jangan diubah.

3. Bagian selanjutnya akan diperlihatkan folder apa saja yang telah di share. Klik kanan pada folder yang di share tersebut kemudian klik Stop Sharing.

4. Jika muncul pertanyaan “Are you sure you wish to stop sharing VM Shared Folder?” maka klik Yes.

Menghentikan Sharing Folder Langsung dari Foldernya

1. Lakukan klik kanan pada folder yang di sharing, dan pilih Properties.

2. Pada layar Properties, masuk ke Tab Sharing dan pilih Advanced Sharing.

3. Pada Windows Advanced yang terbuka, silahkan kamu hilangkan centang pada ‘Share this folder‘.

4. Klik Ok, dan folder sudah berhenti dibagikan dalam jaringan Windows 10.

Menghentikan Sharing Folder melalui Command Prompt

1. Buka Command Prompt as Administrator, dengan cara ketikan dan klik kanan command prompt, lalu pilih Run as administrator. Atau tekan key Win+R, ketikan cmd pada window Run.

2. Lakukan identifikasi Folder mana saja yang sudah di share dengan mengetikan perintah net share.

Di pembahasan ini akan menghentikan share untuk folder Thumb pada directory D:\bankdat. Remark dengan deskripsi Default Share dan Remote Admin tidak diubah.

3. Kemudian masukan perintah net share namafolderyangakandihapus /delete, contohnya net share bankdat /delete, selanjutnya tekan Enter. Maka hasilnya akan seperti ini ‘bankdat was deleted successfully’, dan langkah sudah selesai.

Perlu diketahui, ada baiknya untuk Remark dengan deskripsi Default Share dan Remote Admin untuk tidak disentuh sama sekali, karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi sistem dan share user folder.

  
Back to top button

Adblock Detected

Please Turnoff Ad Blocker