Cara Stabilkan Rekaman Video Menggunakan Aplikasi Google Photos

Biasanya smartphone/ ponsel high-end punya fitur canggih yang mampu merekam video dengan sangat stabil. Fitur tersebut adalah fitur OIS dan EIS.

OIS akronim dari Optical Image Stabilizer dan EIS, singkatan dari Electronic Image Stabilizer. OIS dan EIS memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama menjaga keseimbangan dari guncangan kala mengambil gambar.

Fitur ini hanya tersedia di smartphone level atas Salah satu teknologi canggih yang kini sudah tersedia pada smartphone yaitu mampu merekam video dengan sangat stabil menggunakan fitur OIS dan EIS.

Tapi sayangnya, fitur ini tentu belum bisa dinikmati di ponsel lawas karena keterbatasan hardware dan software.

Ada cara lain agar rekaman video jadi stabil tanpa fitur OIS dan EIS yaitu menggunakan aplikasi Google Photos. Berikut caranya;

1. Terlebih dahulu rekam video dengan menggunakan smartphone kamu miliki.

2. Jalankan aplikasi Google Photos, kemudian cari dan buka rekaman video tadi.

3. Setelah rekaman video tadi terbuka, pilih edit ikon tiga garis bertumpuk letaknya di tengah bawah.

4. Kemudian muncul pilihan Stabilize dan Rotate. Pilihlah Stabilize. Maka proses menstabilkan rekaman video sedang berjalan. Proses ini untuk menghilangkan rekaman video yang goyang atau berguncang.

5. Tunggulah hingga video kamu berhasil dibuat jadi stabil.

6. Lalu tekan Save Copy di sudut kanan atas, agar hasil video yang distabilkan tersimpan.

Proses yang dilakukan aplikasi ini adalah proses Electronic Image Stabilizer. Tentunya ini berbeda dengan EIS yang memang sudah disematkan pada software kamera. Jadi cara kerja Google Photos adalah video dibuat stabil setelah direkam terlebih dahulu.

Selamat mencoba dan tetap semangat!!

  
Back to top button